Kecil Kemungkinan Program KTP-el di DKI Rampung 100 Persen

Faisal Abdalla    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:56 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
Kecil Kemungkinan Program KTP-el di DKI Rampung 100 Persen
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Lambatnya penuntasan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sering menjadi keluhan masyarakat, tak terkecuali di Ibu Kota. Derasnya arus urbanisasi menjadi salah satu kendala yang dihadapi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menuntaskan program ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta, Edison Sianturi, menuturkan hampir tak mungkin program KTP-el di DKI Jakarta rampung 100 persen. Hal itu disebabkan karena pertumbuhan penduduk di DKI Jakarta yang tinggi.

"Kalau dituntaskan seluruhnya tak mungkin ya karena pertumbuhan penduduk dari daerah lain ke DKI Jakarta yang terus meningkat setiap tahunnya. Itu menambah beban bagi DKI Jakarta," ujar Edison saat dihubungi Metrotvnews.com, Kamis 14 September 2017.

Selain penduduk yang terus bertambah, Edison juga mengatakan banyak warga dari luar daerah yang berbohong. Mengaku belum merekam data, padahal sudah melakukannya di daerah domisili. Hal tersebut, menurut Edison, menganggu proses penuntasan program KTP-El karena terjadi data ganda.

"Bagi yang sudah merekam data mau pindah ke mana pun tidak perlu merekam lagi. Kalau terjadi duplicate record, jangan harap KTP-nya turun cepat. Bisa menunggu satu sampai dua tahun karena kita harus lakukan proses pencarian dan penunggalan di pusat data nasional," kata Edison.

Baca: Kemendagri Tergetkan Perekaman 7 juta Data KTP-el Oktober 2017

Hingga saat ini, Edison mengatakan, masih ada sekitar 800 ribu penduduk DKI Jakarta yang belum memiliki KTP-el. Meski begitu, proses perekaman data penduduk sudah hampir seluruhnya rampung,

"Sudah 98 persen data penduduk yang diverifikasi, selanjutnya sudah bisa dicetak," kata Edison.




(UWA)