JK Sebut Fidel Castro Pejuang Nasional

Golda Eksa    •    Sabtu, 26 Nov 2016 18:45 WIB
fidel castro wafat
JK Sebut Fidel Castro Pejuang Nasional
Fidel Castro pidato di Havana's University pada 2010. AFP Photo

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Indonesia menyatakan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-22 Kuba Fidel Alejandro Castro Ruz. Tokoh revolusioner itu dianggap pejuang nasional sekaligus inisiator Gerakan Non Blok bersama Presiden pertama RI Soekarno.

Ucapan duka cita disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai menutup acara Kongres XVII Muslimat Nahdlatul Ulama di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (26/11/2016).

"Tentu kita semua dan Pemerintah Indonesia menyampaikan turut berduka yang mendalam atas meninggalnya Fidel Castro, karena Fidel Castro adalah teman dekat Bung Karno dan merupakan sahabat yang baik," kata Kalla.

Menurutnya, Fidel yang meninggal di usia 90 tahun, memiliki catatan sejarah yang baik dengan Pemerintah Indonesia. Fidel adalah pejuang yang tangguh dan mempunyai semangat serta kemauan yang besar untuk Kuba.

"Fidel Castro merupakan pejuang bagi negerinya, walaupun juga ada masalah-masalah. Tetapi, bagaimana pun dia telah berjuang untuk negaranya. Dia adalah pejuang yang sezaman dengan Bung Karno," terang Kalla.

Fidel menjabat sebagai Presiden Kuba sejak Desember 1976 hingga Februari 2008. Pria yang lahir di Birain, Kuba, pada 13 Agustus 1926 itu meninggal di Havana pada 25 November 2016.


(TRK)