Merayakan Harkitnas Sambil Menyaksikan Perpecahan

Deny Irwanto    •    Sabtu, 20 May 2017 16:59 WIB
harkitnas
Merayakan Harkitnas Sambil Menyaksikan Perpecahan
Rocky Gerung (kanan). Foto: MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari Kebangkitan Nasional ke-109 yang diperingati hari ini berlangsung tak seperti biasa, terutama bagi warga DKI Jakarta. Pengamat sosial dan politik dari Universitas Indonesia, Rocky Gerung, mengatakan, perayaan kebangkitan ini justru terjadi di tengah situasi masyarakat yang telah terpolarisasi akibat Pilkada DKI.

"Ini hari yang paling paradoks. Kita merayakan kebangkitan nasional sambil menyaksikan perpecahan di masyarakat. Hanya karena satu politik lokal yang namanya Jakarta," kata Rocky, saat ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Mei 2017.

Meski demikian, Rocky meyakini jika situasi yang tengah dialami masyarakat DKI Jakarta ini bisa diperbaiki. Dia yakin masyarakat akan kembali berbaur seperti sedia kala.

Dengan catatan, lanjut dia, ada sikap besar dari pemimpinnya. "Pemimpin di DKI harus mengingatkan masyarakat bahwa tantangan global jauh lebih penting," kata dia.

Menurutnya, dibutuhkan paradigma baru untuk keluar dari jeratan sekat. "Saya ingin ada pidato kenegaraan dari pemimpin untuk menenteramkan situasi."




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA