90% Warga yang Menikah Lagi Pakai KTP Palsu

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 08 Aug 2017 14:32 WIB
e-ktp
90% Warga yang Menikah Lagi Pakai KTP Palsu
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: MI/M. Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Data mencengangkan diungkap Kementerian Dalam Negeri. Kementerian pimpinan Tjahjo Kumolo itu menyebutkan 90% warga yang memutuskan untuk menikah lagi menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) palsu.

"Kalau mau jujur, angkanya lebih dari 90%," kata Tjahjo melalui pesan singkat, Selasa 8 Agustus 2017.

Pemerintah tak melarang WNI memiliki banyak rumah atau mobil. Begitu pula soal rekening bank, termasuk jika seseorang ingin menikah lagi. "Tapi datanya tetap harus satu."

Saat ini, kata dia, banyak warga mengantongi data lebih dari satu. Tjahjo menyebut masih ada sekira 1 juta data ganda di Indonesia. Ia mengaku kesulitan untuk menyisirnya.

Untuk diketahui, data menjadi berlipat saat seseorang yang sudah merekam di satu wilayah, merekam kembali di wilayah lain. Hal ini sering dilakukan para perantau. Untuk itu ia meminta masyarakat berperan serta guna menggerus data ganda.

Catatan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, perekaman KTP elektronik (KTP-el) sudah mencapai 96%. Jumlah penduduk Indonesia saat ini sekira 261 juta dan yang wajib memiliki KTP-el ada 185 juta orang. Jumlah ini terus bertambah sebab ada yang sudah berusia 17 tahun.

"Mungkin juga berkurang karena ada yang meninggal. Semoga akhir tahun ini sebanyak 174 juta KTP-el sudah terekam. Ini penting untuk data pemilu dan pilkada agar tak ada lagi pemilih tersembunyi atau penggelembungan pemilih," kata Tjahjo.




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA