Setahun Saber Pungli Saberman Diluncurkan

Arga sumantri    •    Minggu, 17 Sep 2017 09:15 WIB
pungli
Setahun Saber Pungli Saberman Diluncurkan
Paluncuran Maskot Saber Pungli, Saberman - MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) meluncurkan maskot yang dinamai Saberman. Kegiatan dikemas dalam acara kumpul komunitas dan pelaku sosial media di Indonesia.

Kepala Satgas Saber Pungli, Komjen Dwi Priyatno mengatakan, kegiatan ini bagian dari sosialisasi Satgas Saber Pungli. Kegiatan dihelat dalam rangka memperingati setahun berdirinya Satgas Saber Pungli bentukan Presiden Joko Widodo di bawah kendali Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Kemanan.

"Adanya maskot Saberman diharapkan masyarakat lebih memahami hak dan kewajibannya bahwa pungli merusak sendi kebangsaan," kata Dwi di Pintu 1 Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 17 September 2017.

Dwi mengatakan, maskot ini bakal jadi simbol bagi masyarakat. Ia berharap setiap warga bisa menjadi Saberman dengan aktif melapor jika menemukan pungutan liar.

"Diharapkan akan tumbuh, ada kebanggaan, dan figur ini bisa dicontoh," ungka dia. 

Hadir dalam kegiatan, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, dan dua publik figur, Mona Ratuliu dan Maudy Koesnaedy. Kegiatan juga diramaikan dengan pagelaran pakaian adat sejumlah daerah di tanah air. Pengunjung juga dimanjakan dengan acara bermain angklung bersama yang dipandu komunitas angklung Saung Udjo.

Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tanggal 20 Oktober 2016. Satgas dibentuk bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan pungli.
 


(REN)