Reporter Cilik Media Indonesia Kampanyekan Produk Indonesia

Siti Yona Hukmana    •    Rabu, 25 Jul 2018 11:33 WIB
media indonesia
Reporter Cilik <i>Media Indonesia</i> Kampanyekan Produk Indonesia
Felicia, salah satu peserta Reporter Cilik--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Sebanyak 31 Reporter Cilik tengah melakukan pelatihan jurnalistik. Pelatihan yang diselenggarakan harian Media Indonesia ini bertemakan 'Aku Anak Indonesia, Cinta Produk Indonesia'.

Peserta reporter cilik ini adalah siswa dari sekolah dasar (SD) se-Jabodetabek. Mereka terpilih dari 91 orang yang mendaftar. Pendaftaran dilakukan dengan menulis artikel bertema 'Aku Cinta Produk Indonesia'.

Felicia, salah satu peserta Reporter Cilik mengaku ingin mempromosikan produk Indonesia. Menurut siswa kelas 5 SD ini, produk Indonesia tak kalah bagus dengan produk luar negeri.

"Saya ingin nama Indonesia bisa terkenal di luar negeri. Produk-produknya kan bagus semua. Jadinya negara Indonesia bisa terkenal. Dengan begitu, negara lain bisa memakai produk Indonesia," kata Felicia di sela pelatihannya, di Ruang Rapat Besar, Lobby 3, Media Indonesia, Rabu, 25 Juli 2018.

Selain itu, siswa Makarios Christian School ini mengatakan ekonomi Indonesia saat ini sedang melemah. Dengan menggunakan produk lokal, ia berharap ekonomi Indonesia kembali kuat. "Saya harap supaya Indonesia bisa semakin maju terus, ekonominya bertambah," ungkapnya.

Felicia tertarik menjadi reporter karena ia yakin menulis bisa memberikan pengetahuan bagi orang banyak. "Saya menulis tentang batik, makanan, tempat wisata seperti Candi Borobudur," bebernya.

Dona, peserta reporter cilik lain, mengaku mengikuti pelatihan ini untuk menambah ilmu. Ia ingin menguasai ilmu di seluruh dunia. "Saya ingin mengetahui kejadian yang ada di dunia ini," terangnya.

Baca: Media Indonesia Latih Siswa SD Jadi Reporter Cilik

Siswa kelas 5 SD Makarios Christian School ini juga ingin mengasah kepercayaan dirinya. Menurutnya, menjadi reporter harus memiliki kepercayaan diri yang kuat. "Harus berani menemui orang seperti di sini. Kita dituntut untuk tidak takut," ujarnya.

Menurut Dona, tak menutup kemungkinan kelak ia akan jadi seorang reporter. "Saya cita-citanya mungkin bisa jadi reporter," ucapnya.

Andrew, peserta lain dari IPEKA Internasional Christian School, mengikuti pelatihan Reporter Cilik karena ingin mengetahui dunia jurnalistik. Menurutnya, pekerjaan reporter sangat sederhana. "Karena sebelumnya saya belum pernah, jadi ingin coba. Sama pengen belajar bagaimana jadi reporter. Soalnya setahu saya jadi reporter itu cuma nyorot abis itu wawancara," ujar siswa kelas 5 SD itu.

Selain itu, ia juga ingin menyadarkan anak-anak Indonesia untuk menggunakan produk Indonesia. "Coba belajar untuk menggunakan produk Indonesia karena kita orang Indonesia. Warga negara lain membeli produk dalam negeri karena mereka mecintai produknya. Nah, kalau kita sendiri kenapa enggak bisa," tandasnya.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA