Wapres Ajak Negara Pasifik Tingkatkan Kerja Sama Maritim

Dheri Agriesta    •    Senin, 23 Jul 2018 12:22 WIB
kemaritiman
Wapres Ajak Negara Pasifik Tingkatkan Kerja Sama Maritim
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak perwakilan parlemen dari negara Pasifik meningkatkan kerja sama, khususnya di sektor maritim. Itu ia sampaikan saat membuka Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) di Jakarta.

"Semoga pertemuan ini memberikan kita kedamaian dan ketenangan secara bersama-sama untuk membangun kawasan yang lebih maju dan lebih baik di antara kita semua," kata Kalla di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Senin, 23 Juli 2018.

Indonesia dan negara Pasifik memiliki sejumlah masalah yang sama. Secara geografis, Indonesia dihubungkan Samudra Pasifik dengan negara-negara kepuluan tersebut.

Kalla mencontohkan masalah perubahan iklim yang menjadi fokus dunia. Hal itu juga dialami Indonesia dan negara kepulauan di Pasifik lainnya.

Perubahan iklim terjadi karena banyaknya polusi, seperti menumpuknya sampah plastik. Polusi sampah plastik berdampak negatif terhadap pengembangan pariwisata negara kepulauan. Kalla menegaskan polusi menyebabkan pendapatan di sektor pariwisata berkurang.

"Seperti disampaikan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, bahwa sering terjadi perubahan iklim yang menyebabkan badai lebih besar," jelas Kalla.

Eks Ketum Golkar itu mengatakan masalah ini bisa diatasi dengan meningkatkan kerja sama di bidang pembangunan kemanusiaan. Masyarakat Indonesia dan negara Pasifik bisa bertukar pengalaman dalam penanganan perubahan iklim.

Negara kepulauan juga memiliki sektor perikanan yang baik. Sektor itu mengalami peningkatan setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengeluarkan kebijakan penenggelaman kapal asing pencuri ikan.

"Sebagai negara kepulauan kita tentu mempunyai perikanan yang baik, karena itu masalah illegal unreported uregulated fishing itu menjadi masalah bersama," jelas Kalla.

Pria asal Makassar itu berharap pertemuan antarparlemen bisa membahas beberapa masalah tersebut. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dan negara Pasifik harus membuat aturan untuk melindungi ekosistem Samudra Pasifik.

"Tanpa kebersamaan aturan tentu tidak mudah untuk bekerja sama mengatasi polusi, illegal fishing di antara negara Pasifik ini," jelas Kalla.


(OJE)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA