Pusat Koperasi Pegawai RI Temui Fadli Zon Adukan Nasib Koperasi

Anindya Legia Putri    •    Senin, 17 Oct 2016 15:01 WIB
berita dpr
Pusat Koperasi Pegawai RI Temui Fadli Zon Adukan Nasib Koperasi
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima audiensi Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia. Foto: Metrotvnews.com/ Anindya Legia

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menerima audiensi Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia. Pertemuan tersebut membahas masukan Undang-undang dan Kebijakan tentang Koperasi.

Fadli Zon menyampaikan bahwa saat ini keadaan koperasi Indonesia sangat memprihatinkan. Pasalnya, banyak koperasi yang tumbang. Serta kurangnya ruang gerak untuk pertumbuhan koperasi.

"Saat ini koperasi di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Banyak koperasi tumbang, koperasi tidak bisa bersaing dan berusaha dengan baik, namun tetap ada yang bertahan. Nah, yang ada ini harus tetap dipertahankan dengan baik. Dan harus ditumbuhkan yang baru agar Indonesia dapat merasakan sistem yang egaliter melalui koperasi," ujar Fadli, di ruang kerjanya, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Oleh karena itu, Ketua Umum dan Pengurus Pusat Koperasi Pegawai datang ke DPR untuk menyampaikan aspirasi dan permintaan agar DPR menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. 

"Pemerintah seharusnya dapat berpihak kepada koperasi sesuai yang diinginkan presiden, dengan melakukan reformasi total kepada koperasi. Terlebih koperasi ini sudah terbukti di berbagai negara pun bisa berjalan dan berhasil dengan baik," tandas Fadli.

Hal tersebut sesuai dengan amanat dari konstitusi, sesuai pasal 33 ayat 1 yang menyatakan bahwa koperasi bukan sebuah sistem alternatif yang boleh memilih, tapi wajib kita laksanakan. 

Selain itu, Pusat Koperasi Pegawai RI juga meminta penetapan pajak terhadap koperasi tidak disamakan dengan pajak badan usaha lainnya. Sebab, koperasi memerlukan upaya yang lebih besar dan melibatkan masyarakat yang lebih banyak.


(ROS)