Tjahjo: Penyerang Kemendagri Suruhan Kelompok yang Kalah di Pilkada

Misbahol Munir    •    Rabu, 11 Oct 2017 18:05 WIB
penyerangan kantor kemendagri
Tjahjo: Penyerang Kemendagri Suruhan Kelompok yang Kalah di Pilkada
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Metrotvnews.com/Husen Miftahuddin

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan ikhwal penyerangan Kantor Kemendagri yang dilakukan sekelompok orang dari Tolikara, Papua, Rabu 11 Oktober 2017. Mereka sudah diterima Tjahjo dua kali di Kemendagri, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"Kelompok mereka sudah dua kali saya terima. Pertama, saya terima di ruang kerja menteri dan semalam saya terima di depan Kantor Kemendagri," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Rabu 11 Oktober 2017.

Mereka menyerang, kata Tjahjo, lantaran Mendagri menolak mengabulkan permintaan terkait hasil Pilkada yang sudah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Mereka suruhan calon peserta Pilkada yang kalah pilkada dan sudah ada Keputusan MK. Mereka minta saya membatalkan keputusan MK dan melantik calon yang kalah," kata politikus PDI Perjuangan itu.  

Tjahjo juga sudah menerima kelompok yang menang di Pilkada Tolikara. Dia meminta menjaga situasi agar kondisi Tolikara tidak semakin panas.

"Yang menang Pilkada dengan keputusan MK juga sudah saya temui untuk membantu mendinginkan kondisi masyarakat, pendukung calon yang kalah," katanya.

Selain di Tolikara, Tjahjo menyebutkan, bakal ada kasus serupa yakni di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Yapen. "Masih ada kasus sama di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Yapen, pra kondisi Pilgub Papua tahun depan," kata dia.

Sejumlah orang dari Tolikara, Papua mengamuk di kantor Kemendagri. Akibat penyerangan, sejumlah fasilitas rusak.

Bahkan sejumlah staf Kemendagri yang mencoba menenangkan mengalami luka-luka. Saat ini, para staf yang terluka sudah dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk mendapatkan perawatan.


(MBM)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA