Kemenhub Cek Kesiapan Maskapai Jelang Musim Mudik

Adhi M Daryono    •    Jumat, 17 Mar 2017 14:53 WIB
mudik lebaran
Kemenhub Cek Kesiapan Maskapai Jelang Musim Mudik
Ilustrasi--MI/Sumaryanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementrian Perhubungan mengecek kesiapan keselamatan penerbangan setiap maskapai nasional. Hal itu dilakukan menjelang persiapan angkutan Lebaran.

"Kita menginginkan keselamatan penerbangan kita terus meningkat di semua aspek. Jadi, semua stakeholder kita kumpulkan mulai dari pengelola bandara, navigasi, maskapai, sekolah pilot dan lainnya," kata Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso di kantor Kementerian Perhubungan saat berjumpa dengan seluruh stakeholder penerbangan, Jumat 17 Maret 2017.

Agus mengatakan, sebentar lagi akan memasuki musim sibuk (peak season) untuk bisnis penerbangan, yaitu puasa Ramadan dan Lebaran 2017. Dalam peak season puasa dan Lebaran, dari tahun ke tahun jumlah penumpang pesawat selalu naik signifikan antara 7-9 %.

"Selalu ada penambahan penerbangan (extra flight) saat puasa Ramadan dan Lebaran. Oleh karena itu harus disiapkan pesawatnya baik jumlah maupun kualitasnya," terangnya.

Pesawat yang boleh terbang adalah pesawat yang airworthy, atau laik terbang. Artinya pesawat yang sudah memenuhi aturan-aturan yang ditetapkan baik tingkat nasional maupun internasional.


(YDH)