Dwelling Time Efektif Jika Pungli di Bea Cukai Dibasmi

   •    Selasa, 18 Oct 2016 21:28 WIB
ott di kemenhub
<i>Dwelling Time</i> Efektif Jika Pungli di Bea Cukai Dibasmi
Pelabuhan Belawan, Medan. Foto: Antara/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Jakarta: Waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) di pelabuhan bisa efektif jika pungutan liar di Bea Cukai diberantas. 

“Harus ada sistem yang terbuka dan transparan serta pengawasan melekat di lapangan untuk Bea Cukai. Jangan sampai ada permainan-permainan,” kata Direktur Eksekutif Institut Garuda Nusantara (IGN) Romadhon, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/10/2016).

Permainan-permainan yang kurang baik, kata dia, bisa menghambat kelancaran barang dan menjadikan barang menjadi mahal.

Menurut Romadhon, membereskan pungli di Bea Cukai adalah kunci membereskan pelabuhan. "Sebaiknya dibuka saja data-datanya. Nerapa kontribusi dari Bea Cukai terhadap lamanya dwelling time," kata dia.

Maraknya persoalan pungutan liar mencuat usai tertangkapnya pegawai Kementerian Perhubungan yang tengah meminta pungutan ke pengguna jasa, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa 11 Oktober. Presiden Joko Widodo sampai turun untuk memantau aksi tangkap tangan yang dilakukan polisi itu. 

Beberapa jam sebelum aksi itu, di Istana Negara, Jokowi sudah meminta jajarannya menggencarkan operasi pemberantasan pungutan liar (OPP). OPP merupakan bagian dari paket kebijakan hukum untuk memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat.

Sebelumnya, di Terminal Kali Baru Tanjung Priok pada 13 September 2016, Presiden Jokowi menyinggung soal lamanya dwelling time di Pelabuhan Belawan, Medan, dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

 


(UWA)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA