Pancasila Harus Terus Dihalaqohkan

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 16 Jun 2017 06:32 WIB
pancasila
Pancasila Harus Terus Dihalaqohkan
Halaqoh dan buka puasa bersama di DPP Partai Nasional Demokrat - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Pancasila sebagai ideologi Indonesia harus terus disampaikan. Dalam pengertian Islam, upaya itu disebut halaqoh, selayaknya Ulama yang menyampaikan pelajaran pada santrinya.

"Pancasila sebagai simbol Negara kita, maka harus terus kita halaqohkan nilai Pancasila ini," kata Ketua Bidang Agama Garda Pemuda Nasional Demokrat, Cheppy Aprianto saat halaqoh Pancasila di DPP Partai Nasional Demokrat, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis 15 Juni 2017.

Menurutnya setiap pihak termasuk GP Nasdem tak boleh meninggalkan halaqoh, sebagai kewajiban bangsa ini. Seperti yang sering dilakukan ulama di Masjid Nabawi, Mekah ketika menularkan ilmu ke-Islaman pada santrinya.

Bahkan halaqoh Pancasila menurutnya semakin relevan dilakukan saat ini, ketika banyak pandangan miring tentang Pancasila. Dan tak sedikit yang menilai ideologi bangsa tak sejalan dengan Islam.

Buktinya seperti penangkapan tersangka bom terminal kampung pulo yang ternyata guru ngaji. Cheppy mencontohkan kejadian di lingkungannya, di mana guru ngaji mengajarkan nilai Islam yang dangkal.

"Ada anak mengaji yang bilang ibunya kafir waktu ibunya pulang tidak pakai jilbab," ujar dia.

Maka halaqoh menjadi penting, untuk melihat nilai Islam sebagai kebaikan universal. Bagaimana menyebar pesaudaraan secara jihad, yang berarti kesungguh-sungguhan.

"Halaqoh Pancasila jangan pernah berhenti," pungkas dia.


(REN)