KSAD Nilai Kecelakaan Tank dan Kapal Murni Musibah

Muhammad Al Hasan, Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 13 Mar 2018 17:31 WIB
tni adkapal tenggelam
KSAD Nilai Kecelakaan Tank dan Kapal Murni Musibah
KSAD Jenderal Mulyono menyampaikan pidato saat peresmian prasasti tulisan tangan Presiden Soekarno di komplek Akademi Militer Magelang, Jateng. Foto: Antara/Anis Efizudin.

Jakarta: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono menyebut kecelakaan yang menimpa kapal motor cepat (KMC) AD-16-05 dan tank M113 adalah murni musibah. Ia menilai tidak ada faktor kesengajaan dalam peristiwa itu.

"Namanya ngguling dia ditaruh di garasi kalau Tuhan bilang ngguling ya ngguling. Ya, musibah enggak bisa kita persoalkan. Musibah itu kita evaluasi kita cari penyebabnya apa," kata Mulyono saat usai rakornis TNI dan Kemendikbud di Hotel Ciputra, Selasa, 13 Maret 2018.

TNI, kata dia, tengah berupaya menyelidiki penyebab pasti kecelakaan yang memakan waktu berdekatan itu. Kini, petinggi TNI  menunggu laporan investigasi. 

"Saya akan berpedoman kepada apa hasil investigasi. Saya tidak bisa mengatakan seperti apa karena saya belum dapat laporannya," kata dia

Namun, TNI tidak menarget kapan hasil investigasi itu selesai. "Kalau dia perlu waktu ya kita enggak usah persoalkan waktunya," kata Dia.

Selama penyidikan, alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu akan dihentikan operasionalnya. Terkait korban tewas pada insiden tank Sabtu, 10 Maret 2018, Mulyono mengatakan keluarga sudah diberikan santunan.

"Haknya juga sudah diberikan, kepada masyarakat juga sudah kita bantu dan sebagainya ya," ungkap dia.

Baca: TNI AD Masih Investigasi Kecelakaan Tank di Purworejo

Sementara itu, KMC Kodam Jaya yang mengalami kecelakaan pada Senin, 12 Maret 2018. Kapal itu resmi diluncurkan pada 2014. Sepuluh KMC Komando yang dibuat PT Tresco Indomaritim.

Dilansir dari website www.tescoindomaritim.com, perusahaan tersebut memproduksi manufaktur pembangunan kapal yang telah berkembang pesat. Perusahaan yang berlokasi di Jalan Tulodong Bawah X No. 17, Jakarta Selatan ini didirikan sejak tahun 1989.

PT Tresco Indomaritim beroperasi dalam merancang kapal untuk kapal kerja dan militer, seperti kapal pilot, kapal kru, kapal patroli, kapal arahan dan kapal tempur. Selain merancang kapal, perusahaan tersebut juga mendistribusikan dan memasarkan berbagai produk kelautan. 


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA