Upaya Meningkatkan Dukungan pada Pancasila

Achmad Zulfikar Fazli    •    Minggu, 14 Oct 2018 03:22 WIB
pancasila
Upaya Meningkatkan Dukungan pada Pancasila
Ilustrasi. Petugas menurunkan plakat burung garuda dari KRI Teluk Ende yang sandar di Pelabuhan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur. Foto: MI/Palce Amalo.

Jakarta: Komunitas Bela Indonesia (KBI) bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang melakukan pelatihan 1000 juru bicara Pancasila di Sumatera Barat. Pelatihan itu untuk meningkatkan dukungan kepada ideologi negara.

"Pelatihan 1000 juru bicara Pancasila yang dilakukan KBI respons nyata dari data menurunnya pendukung Pancasila belakangan ini," ujar supervisor KBI, Elza Peldi Taher dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Pelatihan ini sekaligus upaya menindaklanjuti hasil riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) yang menemukan data yang mengkhawatirkan soal ideologi Pancasila. Sejak 2005 hingga 2018, warga yang mendukung Pancasila disebut terus menurun dari 85,2 persen menjadi 75,3 persen. 

Selama 13 tahun terakhir, kata Elza, dukungan warga kepada Pancasila menurun sekitar 10 persen. Di sisi lain, pendukung NKRI bersyariah naik sembilan persen. Publik yang pro NKRI bersyariah tumbuh dari 4,6 persen pada 2005 menjadi 13,2 persen pada 2018.

Salah satu peserta juru bicara Pancasila asal Pasaman Barat, Rati Aprilia mengaku prihatin dengan menurunnya dukungan masyarakat kepada Pancasila. Dia pun ingin jadi orang yang egois dan apatis dengan mengikuti pelatihan tersebut, meski tengah ada banjir besar dan longsor di dekat daerahnya.

"Sekarang ini orang-orang banyak yang tidak peduli pada kepentingan bersama, hanya peduli pada kepentingan sendiri. Saya tidak mau seperti itu maka saya harus ikut pelatihan ini," kata dia.

Pelatihan juru bicara Pancasila ini dipersiapkan dengan seksama merujuk dari buku yang berjudul Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia, yang ditulis oleh Denny JA dan Tim.

Mulai Jumat, 12 Oktober-Senin, 15 Oktober 2018, pelatihan ini akan membekali peserta dengan materi menulis, debat, dan manajemen media sosial oleh para trainer Mohammad Monib, Ahmad Gaus, dan Erick Gafar. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta siap menjadi juru bicara Pancasila yang melakukan kampanye di komunitasnya dan media sosial.


(AGA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA