UNBK Hari Pertama Diklaim Lancar

Dheri Agriesta    •    Senin, 02 Apr 2018 13:12 WIB
ujian nasional
UNBK Hari Pertama Diklaim Lancar
Mendikbud Muhadjir Effendy/MI/Panca Syurkani

Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengklaim pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) hari pertama berjalan lancar. Ujian diikuti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia.

"Allhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan yang kurang menggembirakan, pelaksanaannya juga sudah sesuai prosedur," tegas Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 2 April 2018.

Muhadjir menjelaskan pertukaran pengawas ujian dari setiap sekolah dan larangan orang lain masuk ke dalam ruangan ujian terlaksana dengan baik. Larangan orang lain masuk dalam ruang juga berlaku untuk pejabat setingkat menteri.

Ia mencontohkan kunjungannya ke dua SMK di Jakarta pagi tadi. Muhadjir hanya memantau pelaksanaan ujian dari jauh.

"Saya mematuhi aturan itu sehingga cuma lihat dari luar saja," kata Muhadjir.

Fasilitas penunjang UNBK dinilai telah memadai. Pelaksana UNBK menyadari pentingnya fasilitas penunjang seperti ketersediaan internet yang baik.

Muhadjir juga mengapresiasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mau bekerja sama di beberapa daerah. PLN, kata dia, menyediakan cadangan listrik buat daerah yang mengalami pemadaman bergilir.

"PLN menyediakan cadangan berupa genset untuk wilayah yang dikhawatirkan jaringan listriknya mengalami (pemadaman) giliran. Jadi mudah-mudahan lancar semua," ucap Muhadjir.


(OJE)