Status Buron Napi Kabur di Sulteng Belum Diterbitkan

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 11 Oct 2018 22:13 WIB
Gempa Donggala
Status Buron Napi Kabur di Sulteng Belum Diterbitkan
Warga binaan memasak air di sekitar lokasi reruntuhan dinding Lapas Kelas II A Palu, di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10).

Jakarta: Sebanyak 1.263 warga binaan dari Lapas Palu dan Lapas Donggala yang kabur saat bencana di Sulawesi Tengah masih belum kembali. Namun, hingga kini pihak lapas hanya sekadar mengimbau narapidana untuk kembali.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas bila imbauan dari pihak lapas dihiraukan. "Maka akan dikeluarkan DPO (daftar pencarian orang)," kata Dedi, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 11 Oktober 2018. 

Dedi mengatakan, hingga kini status DPO belum diterbitkan. Lantaran yang berkompeten mengeluarkan status DPO narapida hanya kepala lapas. 

"Polisi hanya membantu untuk mencari warga binaan," ucapnya. 

Data terakhir pada 9 Oktober 2018, jumlah warga binaan Lapas Palu sebanyak 561 narapidana sebelum bencana. Kini, yang masih kabur 534 orang, sementara yang telah melapor sebanyak 27 orang. 

Selanjutnya, di Rutan Maesa, Palu, jumlah narapidana sebelumnya 465 orang. Kemudian, yang masih kabur 333 orang, sementara yang telah melapor 132 orang. 

Baca: 1.263 Napi di Sulteng Masih Kabur

Sementara itu, di Lapas Donggala terdapat 342 narapidana. Namun, 293 masih kabur, dan 49 lainnya telah melapor. 

"Lapas Parigi jumlah napi 380, melarikan diri 76 orang. Sampai saat ini 76 napi belum kembali," tandasnya. 


(DMR)