Jokowi Instruksikan Korpri Profesional dalam Pilkada

Githa Farahdina    •    Selasa, 29 Nov 2016 08:46 WIB
hut korpri
Jokowi Instruksikan Korpri Profesional dalam Pilkada
Presiden Joko Widodo saat menghadiri peringatan HUT ke-45 Korpri di Silang Monas. MTVN/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menjadi pembina upacara peringatan HUT ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Silang Monas, Jakarta Pusat. Dia menginstruksikan Korpri harus tetap profesional selama pilkada.

Jokowi tiba di Silang Monas pukul 07.47 WIB didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo, Menseskab Pramono Anung, Plt Gubernur DKI Sumarsono, dan Kapolda Metro Jaya M. Iriawan. Dia pun menyoroti tema ulang tahun, "Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme ASN." 

"Sangat tepat semangatnya dalam menyambut pilkada serentak 2017," tegas Jokowi di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Mantan Gubernur DKI Jakarta meminta Korpri menjadikan momentun pilkada sebagai ajang ujian dua prinsip yang diangkat melalui tema itu. Korpri, tegas Jokowi, harus mengabdi untuk negara, bangsa, dan rakyat, bukan kelompok atau individu.

Jokowi menyatakan, Korpri harus berada di garis depan perjuangan agar Indonesia menjadi bangsa pemenang dalam era global. Korpri, harus menjadi pion ketika berbicara pemberantasan korupsi, pungli, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Rakyat butuh anggota Korpri yang disiplin, bertanggung jawab, berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka. Fokuskan energi pada intisari pelayanan publik yaitu memberi pelayanan terbaik," jelas Presiden Ketujuh RI ini.

Setiap anggota Korpri juga harus menjadi aset bangsa. ASN harus bisa menjadi solusi, bukan permasalahan bangsa.

Jokowi memerintahkan semua ASN terus berinovasi. Mereka juga diinstruksikan menghilangkan berbagai kendala yang bisa mengurangi produktivitas dan memperlambat laju penbangunan nasional.

Korpri yang akan bertransformasi menjadi Korps Profesi ASN harus menjadi pusat lahirnya loncatan kemajuan. Mereka yang memegang status ASN diminta menjaga kide etik profesi dan mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa.

"Jajaran Korpri di manapun bekerja saya ucapkan selamat menunaikan tugas, lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara. Korpri, maju terus!" Teriak Jokowi mengakhiri sambutannya.


(OGI)