Ujian Pembuatan SIM Sulit, Jadi Celah Pungli

Renatha Swasty    •    Rabu, 19 Oct 2016 05:00 WIB
pungli
Ujian Pembuatan SIM Sulit, Jadi Celah Pungli
Ilustrasi uji SIM. (ANT/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengakui ujian pembuatan SIM baru sering dinilai sulit oleh calon pembuat SIM. Lantaran itu sebagian anggota memanfaatkan hal ini untuk mengambil keuntungan dengan menarik pungutan liar (pungli).

"Sesuai dengan UU tentang lalu lintas yang harus dilalui, persyaratan uji tulis dan praktik. Bagi mereka yang gagal dalam ujian itu cari jalan pintas dan bahkan juga dari internal anggota berikan satu peluang terjadinya pungli," beber Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (18/6/2016).

Selain uji tulis dan praktik yang sulit, Martinus menyebut kerawanan pungli lantaran di tempat pembuatan SIM sering ada calo. Bahkan, calo ditunjuk oleh aparatur.

Untuk itu kata dia, kepolisian terus mengetatkan pembuatan SIM supaya bebas dari pungli. Pertama terkait calo, polda di daerah masing-masing menempatkan Propam.

Kedua, untuk pembuat SIM baru yang gagal 4-5 kali akan dilakukan konseling. Terakhir, kepolisian bakal mengevaluasi pertanyaan dalam ujian.

"Terhadap materi akan dilakukan evaluasi jangan sampai cukup sulit jadi banyak tidak lulus," pungkas Martinus.


(LDS)