Israel Dituding Lakukan Genosida

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 16 May 2018 14:02 WIB
berita dpr
Israel Dituding Lakukan Genosida
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Rofi Munawar. Foto: ANT/ Ismar Patrizki

Jakarta: Wakil Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Rofi Munawar mengecam keras tindakan Israel menembaki warga Palestina yang menggelar protes pembukaan Kedubes Amerika Serikat (AS) di Yerusalem.  Akibat peristiwa itu, 55 warga Palestina tewas di perbatasan Israel. 

"Israel menembaki warga Palestina dengan brutal dan membabi buta ke segala arah. Bukti bahwa negara tersebut telah sengaja melakukan tindakan genosida, dan pembunuhan berencana," kata Rofi, dalam keterangan tertulis, Rabu, 16 Mei 2018.

Politikus PKS itu menyebutkan, Israel dan AS harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut. AS dinilai berkontribusi besar merusak perdamaian di Timur Tengah, khususnya Palestina.

Legislator asal Jawa Timur ini menjelaskan, mayoritas dari mereka yang tewas adalah demonstran tidak bersenjata. Otoritas Palestina menuduh Israel melakukan pembantaian yang mengerikan, dan menyerukan intervensi internasional untuk menghentikan pembunuhan.

Dia pun meminta pemerintah Indonesia menyampaikan protes atas peristiwa tersebut. "Dan mengambil peran aktif dalam mendorong tindakan tegas terhadap Israel yang telah melakukan pembantaian secara sistematis dan masif," ujar Rofi. 

Lebih dari 1.200 warga palestina ditembak dan terluka selama protes pada Senin, 14 Mei 2018. Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, korban di antaranya enam anak-anak di bawah usia 18 tahun. Kematian termuda adalah seorang anak laki-laki berusia 14 tahun bernama Ezzaldeen Al-Sammak. 

Sekitar 100 warga Palestina tewas di Gaza sejak para pengunjuk rasa memulai serangkaian pawai enam pekan lalu, menuntut "Hak untuk Kembali," hak bagi warga Palestina untuk kembali ke rumah nenek moyang mereka di tempat yang sekarang ditempati Israel.


(ROS)