Jokowi: Peremajaan Sawit akan Menyetarakan Produksi

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 09 May 2018 14:02 WIB
presiden jokowi
Jokowi: Peremajaan Sawit akan Menyetarakan Produksi
Presiden Joko Widodo saat meresmikan peremajaan sawit di Rokan Hilir, Riau, Rabu, 9 Mei 2018--Foto:Istimewa

Rokan Hilir: Produksi kelapa sawit milik petani dan perusahaan swasta, memiliki gap cukup tinggi. Peremajaan kelapa sawit yang dibantu pemerintah, diyakini bisa memperkecil jarak produksi.

"Peremajaan sawit ini menjadi program yang bagus, karena nantinya produksi sawit antara petani mandiri dan industri akan mirip-mirip. Tidak seperti sekarang yang jomplang, dua kali separuhnya," kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan peremajaan sawit di Rokan Hilir, Riau, Rabu, 9 Mei 2018.

Meski tak merinci total produksi, Jokowi menyebut gap itu dikarenakan sawit petani tak lagi produktif. Rata-rata usia pohon mencapai 30 tahun. Padahal maksimal, sawit hanya bisa optimal berbuah hingga 20 tahun.

Baca: Presiden Resmikan Peremajaan Sawit Rakyat Rokan Hilir

Dengan peremajaan ini, Presiden berharap produksi petani bisa digenjot dan tak kalah dengan kebun sawit milik industri. Pemerintah bakal merambah 15 ribu hektar kebun sawit di Rokan Hilir. Tiap hektarnya akan diberi bantuan Rp25 juta oleh pemerintah dari dana Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit. "Ditambah Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani sawit," kata Jokowi.

Pun demikian, mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan soal distribusi dana. Sebab banyak petani yang mengeluh karena aliran dana tak kunjung turun. Padahal sudah dari jauh hari mereka mengajukan bantuan peremajaan pada pemerintah.

"Ada keluhan prosedur, sekali lagi prosedur. Kita itu selalu orientasinya prosedur. Mestinya orientasinya adalah hasil dan ini yang ingin kita benahi," imbuh Jokowi.

Untuk diketahui, peresmian ini merupakan tahap ketiga setelah sebelumnya dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan di September 2017 dan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada November 2017.

Target di 2018, program peremajaan sawit rakyat di Provinsi Riau bisa menyasar 25.423 hektar lahan yang tersebar di 8 Kabupaten. Seperti Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Bengkalis.


(YDH)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA