TNI Diharapkan Amankan Indonesia dari ISIS

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 16 Jun 2017 12:35 WIB
berita mpr
TNI Diharapkan Amankan Indonesia dari ISIS
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: Metrotvnews.com/ Gervin Nathaniel

Metrotvnews.com, Jakarta: Jaringan teroris ISIS dikhawatirkan telah memasuki wilayah Indonesia melalui daerah-daerah perbatasan. Jaringan ISIS yang masih tidur tersebar di hampir 16 wilayah Indonesia.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta kepada pemerintah dan TNI untuk bekerja sama dalam membentengi Indonesia. Ia juga meminta kepada Panglima TNI untuk segera mengambil tindak lanjut dalam menumpas jaringan tersebut.

"Negara betul-betul menjaga kedaulatan hukumnya termasuk NKRI sekaligus negara, hormati asas manusia," ujar Hidayat di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Juni 2017.

Meskipun perlu ada tindak lanjut, Hidayat mengingatkan agar TNI tidak bertindak di luar hukum. "Tapi tindakan dalam hukum. Kan ada pencegahan preventif, ada juga tentang sosialisai, ada juga tindakan bisa membuktikan itu (jaringan ISIS di Indonesia) ada," katanya.

Dalam proses mengatasi ISIS, diharapkan tidak menimbulkan masalah baru. "Diatasinya untuk kemudian menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah baru. Dan saya yakin, kita tidak memerlukan masalah-masalah baru yang semakin menghadirkan kegaduhan di Indonesia," tuturnya.

Upaya tindak lanjut tidak harus selalu dari sisi militer. Menurunt Hidayat, upaya tindak lanjut bisa dilakukan dari segala sektor seperti melalui pendidikan. Hal ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak akan bahayanya terorisme, radikalisme, dan separatisme.

"Segala yang mengancam masa depan NKRI itu penting juga masuk dalam buku pelajaran. Supaya anak-anak kita jangan keasikan satu pihak ternyata yang lain bergerak luar biasa, separatisme bergerak terus, radikalisme begerak terus yang akan menghadirkan masalah yang tidak diinginkan," ujarnya.


(ROS)