Banyak PR Menanti Kepala BNPB

Dheri Agriesta    •    Rabu, 09 Jan 2019 14:46 WIB
bnpb
Banyak PR Menanti Kepala BNPB
Presiden Jokowi melantik Kepala BNPB Doni Monardo--Medcom.id/Dheri Agriesta

Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jokowi menyebut pekerjaan rumah Doni sebagai Kepala BNPB cukup banyak.

Indonesia dilanda beberapa bencana besar dalam beberapa bulan terakhir. Mulai dari gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, tsunami di Banten dan Lampung, juga longsor di Sukabumi.

"Pekerjaan dari Pak Doni masih banyak lagi, itu yang saya sampaikan membutuhkan manajemen yang kuat, lapangan yang kuat," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Jokowi mengungkap alasan penunjukkan Doni. Ia menilai Doni memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajemen mumpuni mengurusi BNPB.

Baca: Letjen Doni Diyakini Sigap Menghadapi Bencana

Apalagi, Indonesia berada di wilayah cincin api yang rentan terhadap bencana. Ia berharap Doni bisa mengkoordinasikan seluruh pihak dari pusat hingga daerah menanggulangi bencana.

"Yang ingin saya lihat adalah manajemen yang kuat, tindakan yang cepat di lapangan," pungkas Jokowi.

Presiden Joko Widodo melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana anyar. Doni menggantikan posisi Laksmana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Pengangkatan Doni diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Doni akan diberikan kewenangan dan pengelolaan keuangan setingkat menteri.

Doni pun resmi menjabat setelah diambil sumpah oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.


(YDH)