Penyederhanaan SKS Jangan Sampai Kurangi Kompetensi

Intan Yunelia    •    Selasa, 04 Dec 2018 17:05 WIB
Pendidikan Tinggi
Penyederhanaan SKS Jangan Sampai Kurangi Kompetensi
Calon mahasiswa baru tengah mengikuti ujian masuk PTN, ANT/Ampelsa.

Jakarta: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristedikti), Mohamad Nasir mengatakan wacana pengurangan jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) tak membuat lulusan perguruan tinggi menjadi berkurang kompetensinya. Wacana tersebut masih dikaji mendalam bersama pejabat-pejabat terkait.

“Saya melihat 144 SKS itu, ada mata kuliah yang tumpang tindih. Bisa nggak diserderhanakan.  Paling penting, kompetensi harus tetap dicapai jangan sampai hilang,” kata Nasir usai Pembukaan Hari Antikorupsi Seunia (Hakordia) 2018 di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Wacana penyederhanaan jumlah SKS itu masih terus digodok bersama Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) serta Rektor PTN.  “Kami bicarakan dengan pimpinan perguruan tinggi, akan diskusi dulu. Sebaiknya SKS ideal itu bagaimana, ukurannya output atau lulusan kompetensinya. Ini yang harus kita bicarakan,” papar Nasir.

Targetnya, ujar Mantan Rektor Terpilih Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini, SKS tersebut masih bida disederhanakan menjadi di bawah 144 SKS. Tergantung keputusan rapat dengan lembaga terkait.

“Saya targetnya kita bisa memberikan gambaran, apakah 144 SKS itu tidak terlalu tinggi. Di luar negeri rata-rata 120,” tandasnya.

Baca: Wacana Penyederhanaan Jumlah SKS Masih Tarik Ulur

Selain itu, Nasir mengakui jumlah 144 SKS ini terlalu membebani bagi mahasiswa. Sebab dulu sewaktu menjadi mahasiswa ia merasakan kuliah maksimal 24 SKS setiap semesternya.

“Saya melihat beban kuliah itu, saya bandingkan Indonesia dengan luar negeri. ternyata SKS di Indonesia selalu disebutkan jumlahnya yang besar.  Tapi bukan melihat beban yang sesungguhnya. Kalau di luar negeri orang ambil SKS itu maksimum tidak boleh lebih dari yang namanya 18 SKS. Kalau kita kan 24 SKS,” pungkasnya.


(CEU)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA