Polisi Selidiki Ambruknya Jembatan Kuning di Bali

Ilham wibowo    •    Minggu, 16 Oct 2016 22:56 WIB
jembatan rubuh
Polisi Selidiki Ambruknya Jembatan Kuning di Bali
Jembatan Kuning roboh. (Foto: Dokumen Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho).

Metrotvnews.com, Bali: Kepolisian Resort Kelungkung Bali, kini berupaya menyelidiki penyebab ambruknya jembatan penghubung antara Pulau Lembongan dan Ceningan di Nusa Penida. Jembatan Kuning ini roboh diduga lantaran telah termakan usia.

"Sejauh ini info yang kami terima di lapangan memang usia jembatan tersebut relatif tua dan ditemukan ada beberapa pernah ada perbaikan," kata Kapolres Klungkung, AKBP FX Arendra Wahyudi saat dihubungi Metro TV dalam siaran Headline News, Bali, Minggu (16/10/2016)

Pada saat kejadian, jembatan dipadati masyarakat yang tengah melaksanakan prosesi upacara keagamaan. Meski demikian, Arendra belum bisa menyimpulkan jembatan ini roboh lantaran tak kuat menahan beban.

"Kami belum bisa pastikan (penyebab robohnya jembatan), masyarakat yang melaksanakan upacara lumayan banyak, memang ada kegiatan adat di Ceningan," ujarnya.

(Baca juga: Jembatan Penghubung Pulau di Bali Roboh Saat Upacara Keagamaan)

Arendra menambahkan, delapan korban yang tewas seluruhnya merupakan warga lokal. Seluruh korban termasuk 30 orang yang mengalami luka berat telah dievakuasi ke Puskesmas Nusa Penida dan Puskesmas Ceningan.

"Sudah kita evakuasi ketika kejadian berlangsung dan sudah di Puskesmas," ujarnya.

(Baca juga: Jembatan Penghubung Pulau di Bali Tewaskan 8 Orang)

Proses evakuasi akan dilanjutkan esok pagi lantaran kondisi tempat kejadian perkara yang gelap. Polisi terus mengupayakan pencarian bilamana masih ada korban yang terjatuh dari jembatan penghubung sepanjang 100 meter ini.

"Kita gunakan perahu sampan. Kita akan lakukan upaya penyelidikan lanjutan dengan medorong ke TKP, saat ini tidak memungkinkan karena gelap," kata Arendra.


(HUS)