Cerita Wapres Kalla yang Berdagang Sejak Kecil

Dheri Agriesta    •    Selasa, 21 Mar 2017 06:29 WIB
jusuf kalla
Cerita Wapres Kalla yang Berdagang Sejak Kecil
Wakil Presiden Jusuf Kalla saat wawancara dengan Media Indonesia di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (17/10). MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla terkenal sebagai pengusaha dan saudagar ulung. Kalla ternyata telah berkenalan dengan dunia dagang sejak kecil.

Kalla menceritakan pengalamannya ini setelah ditanya seorang pewarta terkait maraknya anak-anak yang berjualan sepulang sekolah. Kalla menilai, hal itu tak masalah selama dilakukan sepulang sekolah.

Pria asal Makassar ini menilai dengan berdagang sang anak mendapatkan pengalaman dan pelajaran tambahan. Asal, aktivitas jualan yang dilakukan anak kecil itu tak berat.

"Selama tidak ganggu sekolahnya, saya waktu SD pulang sekolah langsung pergi ke toko jadi kasir, diajak bapak saya," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin 20 Maret 2017.

Pengalaman itu didapat Kalla saat berumur sepuluh tahun. Ia berperan sebagai kasir salah satu toko kain bapaknya. Dari sana, Kalla belajar bagaimana pendekatan yang digunakan dalam berjualan.

"Saya jadi tahu, oh begini cara ngomong, begini cara jualan," kata Kalla.

Atas usahanya itu Kalla mendapatkan imbalan dari orangtuanya. Tak banyak, tapi uang itu cukup menjadi uang saku sehari-hari. Dari sana, Kalla bisa membantu keuangan orangtua dan belajar cara berdagang.

"Emang diajak bapak saya, bapak saya bilang, eh kau duduk sini, jadi saya diajak," kata dia.


(REN)