Baru 50% Calon Haji Berpaspor

Siswantini Suryandari    •    Jumat, 16 Jun 2017 11:10 WIB
haji 2017
Baru 50% Calon Haji Berpaspor
Ilustrasi. Foto: Antara/Septianda Perdana

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga hari ini, baru 50% calon haji yang memiliki paspor. Data sampai 15 Juni, paspor yang masuk sebanyak 84.217 lembar. Masih ada waktu 40 hari bagi para calon haji merampungkan paspor.

"Harus diingat, ada libur bersama Idulfitri yang cukup panjang. Kantor layanan imigrasi juga tutup pada liburan panjang ini," kata pelaksana tugas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Nur Syam, seusai memberikan pembekalan petugas haji Arab Saudi 2017 di Asrama Haji Pondok Gede, Jumat 16 Juni 2017.

Ia mengimbau, calon haji memanfaatkan sisa waktu 40 hari atau paling lambat 28 Juli untuk menyelesaikan pembuatan paspor. Setiap kantor wilayah (kanwil) Kemenag di daerah pun wajib mendorong calon jemaah haji segera menyelesaikan paspor.

"Setiap kali ada pertemuan dengan kanwil-kanwil Kemenag, selalu saya ingatkan agar paspor segera dirampungkan, " kata Nur Syamsu.

Penyerahan paspor yang telat akan memengaruhi pembuatan visa haji. Beruntung, kata dia, pemerintah Indonesia memiliki hubungan dan kerja sama yang baik dengan Kedutaan Besar Saudi Arabia untuk pengurusan visa.

"Ini sangat membantu, tapi bagaimana pun paspor menjadi hal utama. Tanpa paspor tak bisa dibuatkan visa," tegasnya.

Nur mengatakan, sejak diberlakukan e-Hajj dalam pendaftaran visa haji oleh Pemerintah Saudi Arabia, beberapa kendala muncul. Antara lain pengurusan visa secara online yang harus mencantumkan nama dan alamat lengkap.

"Kadang alamat tidak sesuai. Kadang juga nama-nama mirip sehingga membutuhkan ketelitian."

Saudi Arabia melaksanakan e-Hajj pertama kali pada 2013 dan pilot project pertama dilakukan oleh Indonesia pada 2014. Sampai sekarang Kerajaan Saudi Arabia percaya Indonesia mampu mengurus visa haji lewat e-Hajj.

"Indonesia jadi contoh untuk pelaksanaan e-Hajj ini," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Sri Ilham Lubis.


(UWA)