Kemendikbud akan Evaluasi Kebijakan 5 Hari Sekolah

Achmad Zulfikar Fazli, Intan fauzi    •    Sabtu, 17 Jun 2017 17:15 WIB
pendidikan
Kemendikbud akan Evaluasi Kebijakan 5 Hari Sekolah
Ilustrasi. Foto: Antara/Ekho Aridyanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengevaluasi kebijakan lima hari sekolah dengan waktu delapan jam sehari. Keputusan evaluasi itu sesuai rekomendasi rapat kerja dengan Komisi X DPR RI.

"Pasti kita kaji ulang," ujar Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ari Santoso dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 17 Juni 2017.

Menurut dia, kebijakan ini sudah dicoba ke 9.600 sekolah di Tanah Air. Ia mengklaim seluruh sekolah tersebut sukarela menerapkan kebijakan ini.

"Pak Menteri sebenarnya menargetkan 5 ribu, tapi sudah jalan di 9.600 sekolah," ucap dia.

Harus ada kesepakatan

Penekun kajian pendidikan Tatang Mutaqqin menilai, inisiatif penerapan lima hari sekolah harus datang dari sekolah.

"Inisiatif itu harus datangnya dari sekolah, bukan regulasi. Basisnya bukan hanya di daerah, tetapi juga sekolah, bahkan sekolah di daerah juga beragam (kondisinya)," kata Tatang.

Kondisi yang berbeda, kata dia, akan memunculkan keputusan berbeda di setiap sekolah. Menurut Tatang, jangan sampai kondisi tersebut membuat kepala sekolah bingung menentukan sikap.

"Jadi di level sekolah harus ada keputusan sekolah, guru, dan orang tua siswa," ucap dia.

Baca: Harap Tenang, Ujian Pendidikan

Anggota The James Coleman Associations itu bilang, yang perlu dipikirkan lebih lanjut yakni bagaimana penguatan guru yang memberikan pembelajaran pendidikan karakter.

"Kalau tujuannya pendidikan karakter, penguatan guru mutlak diperlukan. Kita bisa assessment seberapa efektif guru meningkatkan kualitas pembelajaran," kata Tatang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Pasal 2 peraturan itu menyatakan hari sekolah dilaksanakan 8 jam dalam sehari atau 40 jam selama 5 hari.




(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

22 minutes Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA