Kuota CPNS untuk Mahasiswa Cumlaude 1.850 Orang

Nur Azizah    •    Rabu, 06 Sep 2017 11:09 WIB
pendaftaran cpnsseleksi cpns
Kuota CPNS untuk Mahasiswa <i>Cumlaude</i> 1.850 Orang
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahasiswa lulusan terbaik atau cumlaude mendapat cukup banyak tempat di penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Pemerintah akan menjaring 1.850 lulusan terbaik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pemerintah juga masih memberikan kuota bagi penyandang disabilitas. Kuota khusus penyandang disabilitas sebanyak 166 orang. Bila dibandingkan dengan jumlah CPNS yang dibutuhkan, kouta khusus penyandang disabilitas kurang dari 1 persen.

Pada lowongan CPNS putaran kedua ini pemerintah membuka 17.928 orang untuk 60 kementerian atau lembaga (K/L) dan satu provinsi, yakni Kalimantan Utara.

"Formasi untuk kementerian/lembaga termasuk penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196 orang," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu 6 September 2017.

Sedangkan formasi untuk kementerian/lembaga termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik atau cumlaude sebanyak 1.850 orang. Asman mengatakan kebijakan penerimaan CPNS 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) sebagai pengganti PNS yang pensiun.

Pembukaan CPNS ini dikarenakan adanya peningkatan beban kerja pada kementerian/lembaga dimaksud. Khusus Pemprov Kalimantan Utara, provinsi baru itu masih kekurangan pegawai.

"Pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran," kata dia.

Baca: Kementerian PANRB Benarkan Lowongan CPNS yang Tersebar di Publik

Ia menegaskan seleksi CPNS 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta tak dipungut biaya.

Informasi resmi terkait persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai Selasa 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB  www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.




(UWA)