Lima Nama Ikuti Pemilihan Rektor UNS

Antara    •    Senin, 14 Jan 2019 19:17 WIB
Pendidikan TinggiPemilihan Rektor
Lima Nama Ikuti Pemilihan Rektor UNS
Universitas Sebelas Maret (UNS), Kota Surakarta, MI/Ferdinand

Solo:  Lima nama akan mengikuti pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa Tengah untuk periode 2019-2023.

Pada rapat verifikasi berkas administrasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan rektor UNS dilakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan lima berkas administrasi Bakal Calon Rektor UNS periode 2018-2023. "Hasil verifikasi menyatakan, kelimanya memenuhi persyaratan administratif," kata Ketua Senat UNS Suntoro seperti dikutip dari Antara, Senin, 14 Januari 2018.

Ia mengatakan, kelima nama tersebut yaitu Jamal Wiwoho, Mohammad Furqon Hidayatullah, Muhammad Nizam, Sutarno, dan Widodo Muktiyo.  Menurut dia, lima nama tersebut selanjutnya mengikuti tahapan penyaringan. 

Pada tahap itu, masing-masing dari mereka diminta menyampaikan visi misi pada sidang senat terbuka.   Ia mengatakan, penyaringan selanjutnya dilakukan pada rapat senat tertutup. Kegiatan disebutkan akan dilakukan pada 6 Februari 2019.

"Rapat senat tertutup ini diikuti oleh anggota senat yang punya hak pilih dan kemungkinan akan dihadiri oleh utusan dari Kemenristekdikti, namun utusan ini tidak punya hak suara," kata Suntoro.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNS, Sahid Teguh Widodo mengatakan, pada sidang senat terbuka bisa dihadiri oleh semua unsur yang ada di UNS, di antaranya perwakilan dosen, mahasiswa, Kemenristekdikti, dan alumni.

Baca: UNS Buka Pendaftaran Rektor Baru

"Pada sesi tersebut dibuka tanya jawab. Semua peserta dibatasi waktu, yaitu satu pertanyaan hanya dua menit. Bakal calon maksimum menjawab dalam waktu lima menit," sebut Sahid.

Selanjutnya, pada sidang senat tertutup akan terpilih tiga nama dari lima nama tersebut. Melalui sistem voting, tiga nama ini disebut dengan calon Rektor.  "Satu orang haknya satu contrengan. Selanjutnya akan ada tahap pemilihan satu rektor tetapi untuk waktunya belum kami tentukan,
menyesuaikan jadwal menteri (Menristekdikti)," imbuh Dia.

Ia mengatakan jadwalnya antara tanggal 13-30 Maret 2019. Menurut dia, anggota senat yang memiliki hak pilih jumlahnya 132 orang.   "Untuk hak suara dari anggota senat ini komposisinya 65 persen, sedangkan suara menteri 35 persen. Pembagiannya 35 dibagi 65
dikalikan 132," tutup Sahid.


(CEU)