Indonesia Diimbau Selalu Mewaspadai Bencana Alam

Sonya Michaella    •    Sabtu, 13 Oct 2018 13:04 WIB
gempatsunamiGempa Donggala
Indonesia Diimbau Selalu Mewaspadai Bencana Alam
Warga korban gempa tsunami Palu berjalan usai melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Baitussalam di Desa Loli Saluran, Donggala. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Jakarta: Indonesia diimbau selalu mewaspadai potensi tejadinya bencana alam. Semua pihak harus siap siaga agar dapat meminimalisasi potensi kerusakan maupun korban jiwa.
 
Inisiator Koalisi Sulteng Bersatu Chalid Muhammad mengatakan pemerintah daerah dianggap tidak siap siaga ketika gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) dan tsunami meluluhlantakkan Sulawesi Tengah (Sulteng). Perhatian pemerintah kepada para korban di lapangan juga dianggap kurang.
 
Hari ketiga pascagempa, Chalid langsung menuju ke Palu dengan menumpang helikopter milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di sana, Chalid memfasilitasi dan membantu para korban juga pengungsi.
 
"Ketika saya di sana di hari ketiga, saya tidak melihat polisi. Tapi tentara ada. Menurut saya, polisi dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di tengah bencana," kata Chalid, di Jakarta, Sabtu 13 Oktober 2018.
 
"Kita tahu banyak bantuan yang datang untuk Sulteng. Tapi sangat disayangkan, oknum-oknum nakal juga banyak. Bantuan-bantuan malah dicuri. Dan, ternyata mereka berasal dari luar Sulteng," ujarnya.

Baca: Pemerintah Kebut Pembangunan Hunian Sementara

Selain itu, kata dia, pemerintah pusat dan daerah harus mengedukasi masyarakat pascagempa terjadi. Terutama para korban yang mengalami trauma.
 
"Penanganan cepat diperlukan, khususnya untuk pascagempa. Masyarakat harus diedukasi, misalnya bagaimana agar tidak panik saat ada gempa susulan datang," katanya.
 
Chalid menambahkan, saat dia berpindah dari Palu ke Donggala dan Sigi, ia menemukan banyak warga yang panik dan ketakutan gempa susulan dengan kekuatan besar akan datang lagi.




(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA