Kapolri Sebut Penghargaan TNI Bukan Seremonial Belaka

Fachri Audhia Hafiez    •    Rabu, 14 Mar 2018 11:58 WIB
kapolripanglima tni
Kapolri Sebut Penghargaan TNI Bukan Seremonial Belaka
Penyematan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi Utama oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur--Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima penghargaan tertinggi Bintang Kartika Eka Paksi Utama dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Jenderal bintang empat itu menyebut penyematan tersebut bukan sekedar seremonial belaka.

"Sebagai bentuk kerja sama antardua institusi (TNI-Polri)," kata Tito di Gedung Soedirman, Markas Besar (Mabes) TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 14 Maret 2018.

Tito mengatakan, kedepannya banyak agenda yang akan melibatkan kerja sama antarTNI-Polri. Seperti saat bulan Ramadan, pengamanan mudik, dan jelang pilkada 2018.

"Minta dukungan dari TNI seperti arus mudik dan balik. Selain itu tahap pesta demokrasi yang akan berlangsung pada Juni 2018, pendaftaran Capres-cawapres dan pengamanan saat Natal serta tahun baru," papar Tito.

Fokus lainnya, lanjut Tito, pengamanan saat even internasional yang berlangsung di dalam negeri. Seperti Asian Games Jakarta Palembang dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

"Dalam semua bidang kita jalin sinergitas dan solid pasti bisa dilalui bersama. NKRI bisa utuh," kata Tito.

Baca: Kapolri Terima Penghargaan dari Panglima TNI

Kapolri menerima penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Utama dari TNI. Upacara penyematan tanda kehormatan itu digelar di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Penyematan diberikan langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Seperti dikutip dari laman tniad.mil.id, lambang Kartika Eka Pasti terdiri dari Garuda, yang mengartikan kekuatan dan kesanggupan mencapai cita-cita prajurit. Lalu, 10 helai bulu sayap sebagai bulan bersejarah bagi TNI Angkatan Darat. Tujuh bulu pada ekor yang berarti Sapta Marga.

Bintang sudut lima, sebagai bentuk kesejatian dan tujuan tertinggi yaitu keprajuritan sejati yang dijiwai oleh Pancasila sebagai dasar negara serta falsafah hidup bangsa.

Kombinasi Gambar Bintang Sudut Lima dan Garuda memiliki makna Kesanggupan, kerelaan, dan ketetapan hati setiap prajurit Indonesia untuk mempertahankan tanah air sampai titik darah penghabisan.

Kartika yang berarti Bintang, Eka yakni Satu dan Paksi adalah Burung. Dengan demikian, Kartika Eka Paksi adalah Burung gagah perkasa tanpa tanding menjunjung cita-cita tinggi, TNI Angkatan Darat yang kuat senantiasa menjunjung cita-cita yang tinggi, yaitu keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan sejati.



(YDH)