Kepolisian Lumajang Temukan Ladang Ganja Seluas 0,2 Ha

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 14 Sep 2017 22:16 WIB
ladang ganja
Kepolisian Lumajang Temukan Ladang Ganja Seluas 0,2 Ha
Ilustrasi. Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Lumajang: Kepolisian menemukan ladang ganja yang ditanam orang tak dikenal di kawasan hutan lindung milik Perhutani di Lumajang, Jawa Timur. Ratusan pohon ganja diamankan sebagai barang bukti.

KBO Satnarkoba Polres Lumajang, Iptu Hariono sedikit kecewa lantaran tidak menemukan pelaku yang menanam pohon haram tersebut. Informasi ratusan pohon ganja didapat dari laporan masyarakat sekitar.

"Guna proses penyelidikan lebih lanjut, sebanyak 147 batang pohon ganja ini langsung diamankan ke Mapolres Lumajang," kata Hariono kepada Metro TV, Kamis 14 September 2017.

Untuk menuju lokasi, butuh sekitar tiga jam lebih. Ini lantaran penanaman pohon ganja tersebut berada dalam kawasan hutan lindung Perhutani. 

Kepala RPH Sumberurip, Sukirman, menduga kuat jika pelaku sengaja menanam pohon ganja jauh dari pemukiman warga. Sebab, daerahnya berada di tengah hutan di atas perbukitan, sehingga petugas Perhutani pun tidak mengetahui jika hutan lindung telah dirambah untuk dijadikan ladang ganja seluas 0,2 hektar (ha).

Setelah dilakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP), kepolisian bersama BNN, TNI dan Perhutani langsung mencabut semua ganja yang diperkirakan telah berumur 6-12 bulan. Ketinggian pohon ganja tersebut diperkirakan 180 centimeter (cm).


(HUS)