Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama Pengamanan Laut

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 09 Oct 2018 12:26 WIB
indonesia-malaysia
Indonesia-Malaysia Tingkatkan Kerja Sama Pengamanan Laut
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi--Medcom.id/Yogi Bayu Aji.

Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin meningkatkan kerja sama pengamanan laut dengan Malaysia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia Wan Azizah Wan Ismail.

"Presiden meminta perhatian otoritas Malaysia untuk meningkatkan kerja sama di dalam menjaga keamanan dalam perairan laut di wilayah masing-masing," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 9 Oktober 2018.

Menurut dia, masalah ini disinggung Jokowi menyikapi penculikan terhadap dua nelayan Indonesia di perairan Sabah, Malaysia pada September 2018. Keduanya bekerja di kapal ikan Malaysia.

Baca: Presiden Terima Kunjungan Deputi PM Malaysia

Retno menyebut Wan Azizah mencatat dengan baik permintaan Jokowi mengenai maslaag ini. Malaysia, kata dia, juga sedang terua membahas pengamanan di lautan.

"Saat ini sedang dipersiapkan patrol boat yang lebih besar dan canggih sehingga akan mampu menjaga perairan secara lebih aman," jelas dia.

Sebelumnya, dua nelayan Indonesia diduga diculik di perairan Semporna, Sabah. Penculikan terjadi pada Selasa 11 September 2018, pukul 1 pagi waktu setempat.

Laman The Straits Times melaporkan empat awak kapal ikan baru saja berlabuh di dermaga Pulau Gaya, Semporna. Namun, pada pukul 1 pagi salah satu anggota kru mendengar suara mesin pompa perahu.

Pasokan listrik di kapal tiba-tiba terputus. Dua awak kapal yang bersembunyi dalam kompartemen kapal penangkap ikan mendengar orang-orang berbicara dalam dialek Suluk, yang mengindikasikan penculik berasal dari Filipina. Mereka mengintip melalui lubang dan melihat dua orang bersenjata di dalamnya.

Sekitar satu jam kemudian, kedua nelayan keluar dari tempat persembunyian mereka, namun dua temannya serta sistem komunikasi radio kapal hilang. Dua nelayan ini kemudian melapor ke kantor polisi Semporna.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA