Ketika Kalla Nostalgia MTQ Nasional Pertama

Dheri Agriesta    •    Sabtu, 13 Oct 2018 04:33 WIB
pendidikanjusuf kalla
Ketika Kalla Nostalgia MTQ Nasional Pertama
Wapres Jusuf Kalla menyerahkan piala kepada juara umum MTQ Nasional XXVII yang diterima Sekda DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXVII di Medan. Saat memberikan sambutan, Kalla sempat mengingat pelaksanaan MTQ Nasional Pertama yang diselenggarakan di kampung halamannya. 

Kalla punya alasan kuat mengingat MTQ Nasional pertama itu. Ia menyebut ide pelaksanaan MTQ Nasional pertama pada 51 tahun lalu itu berasal dari tokoh asal Medan. 

"Idenya datang dari orang Medan, pada waktu itu dia Kepala RRI Makasaar almarhum Pak Sani, beliau orang Medan," kata Kalla disambut riuh undangan di GOR Panci, Medan, Sumatera Utara, Jumat, 12 Oktober 2018. 

Kalla bercerita, awalnya Sani mengadakan lomba baca Alquran di radio. Lomba itu diikuti peserta se Sulawesi dan berjalan sukses. 

Setelah itu, Sani pun mengusulkan penyelenggaraan MTQ bersifat nasional. Seluruh jajaran pemerintah daerah dan tokoh masyarakat menyetujui hal itu.

"Tadi bapak ketua juri membacakan pemenangnya hampir satu jam. Dulu hanya enam pemenang," kata Kalla. 

Pemenang hanya untuk kategori pembaca laki-laki dan pembaca wanita. Kategori MTQ Nasional hanya dua, tak sebanyak sekarang. 

MTQ Nasional pun digelar pada bulan puasa. Sehingga, MTQ yang diselenggarakan secara sederhana itu bisa dinikmati dengan khidmat oleh seluruh peserta. 

"Saat itu saya masih mahasiswa, saya ditunjuk sebagai ketua panitia pembukaan, kita bisa selenggarakan dengan sederhana," kenang Kalla. 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup rangkaian penyelenggaraan MTQ Nasional XXVII di Medan, Sumut. Penyelenggaraan MTQ Nasional ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Dewan hakim MTQ Nasional XXVII 2018 memutuskan DKI Jakarta sebagai juara umum. Sedangkan peringkat kedua hingga sepuluh ditempati Provinsi Banten, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Riau dan Jawa Barat, Aceh, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan. 

Sedangkan peringkat pertama pembaca terbaik diraih Heri Kuswanto dari DKI Jakarta, peringkat kedua diraih Qadarasmadi Rasyid dari Banten, dan peringkat ketiga Salman Amrillah dari Jawa Barat. 

Pada akhir acara, Gubernur Sumatera Utara Eddy Rahmayadi menyerahkan bendera MTQ kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman pun menyerahkan bendera itu kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVIII pada 2020.


(JMS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA