PGN dan Palyja belum Bergerak Pindahkan Pipa di Underpass Mampang

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 26 Oct 2017 11:40 WIB
proyek underpass
PGN dan Palyja belum Bergerak Pindahkan Pipa di Underpass Mampang
Proyek underpass Mampang - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana relokasi pipa air dan pipa gas di proyek underpass Rasuna Said - Mampang tak kunjung dilakukan. Pihak Palyja dan PGN belum memberikan kabar. 

"Belum ada kabar lagi," kata salah satu petugas lapangan, kepada Metrotvnews.com di lokasi, Kamis 26 Oktober 2017.

Dia mengaku pihak Palyja dan PGN datang ke lokasi proyek underpass sepanjang 855 meter itu pada Selasa 24 Oktober. Kedua perusahaan melalui perwakilannya mengadakan survei singkat. 

Sejak survei itu, saat ini belum ada kabar lagi kapan akan merelokasi  pipa tersebut. 

Dikonfirmasi terpisah, Humas Palyja, Lydia Astri tak bisa bicara banyak. Dia bilang, pipa air berdiameter 600 milimeter yang ada di undepass itu di bawah kewenangan PAM Jaya. 

"Untuk relokasi pipa PAM Jaya yang dioperasikan PALYJA, detailnya ada di PAM Jaya," kata Lydia.

Diketahui, pipa gas dan pipa air yang bakal direlokasi lokasinya berdekatan. Salah satu pipa yakni milik PGN dengan diameter 250 milimeter, berada di luar bedeng pembangunan. Tepat di bawah jalan raya perempatan lampu merah Rasuna Said, di jalur Jalan Jenderal Gatot Subroto.

(Baca juga: Proyek Underpass Mampang Diprediksi Molor)

Sementara yang disebut milik Palyja berada di dalam bedeng pembangunan. Ada tanda yang dibuat dengan pilok merah untuk menandakan di titik mana pipa Palyja berada. Di dekat tanda itu tertulis kata "box", yang artinya setelah diuruk, area tersebut bakal dilapisi kembali oleh jalan. 

Proyek jalan panjang 855 meter ini direncanakan melewati dua jalan layang dan lampu merah, yakni di perempatan Rasuna Said dan Mampang. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut seharusnya pemindahan pipa-pipa di proyek underpass Mampang selesai pada Juli 2017. Namun sampai saat ini belum rampung.

Ia menyebut telah berkoordinasi dengan PGN dan Palyja selaku pemilik pipa. Adapun, menurut dia Palyja memperkirakan selesai relokasi Desember 2017. Sementara terkait pipa gas, belum ada kabar lebih lanjut dari PGN.




(REN)

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

25 minutes Ago

Aziz mengungkapkan tidak ada satupun pasal di UU MD3 dan Tata tertib DPR RI yang mewajibkan leg…

BERITA LAINNYA