Ditjen PAS Tunggu Revisi Aturan Perwira TNI Diperbantukan di Lapas

Intan fauzi    •    Rabu, 27 Apr 2016 14:30 WIB
kerusuhan penjara
Ditjen PAS Tunggu Revisi Aturan Perwira TNI Diperbantukan di Lapas
Dirjen Permasyarakatan KemenkumHAM I Wayan K Dusak. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) sudah mengajukan permintaan agar perwira TNI dapat diperbantukan menjaga lembaga pemasyarakatan. Namun, permintaan itu masih terkendala.

Dirjen PAS I Wayan Kusmiantha menjelaskan, dalam aturan yang dimiliki Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), yang boleh diperbantukan adalah anggota TNI setingkat perwira ke atas.

"Yang kita butuh Bintara," ujar Dirjen PAS I Wayan Kusmiantha Dusak di Laps Cipinang, Jalan Bekasi Timur Raya, Jakarta Timur, Rabu (27/4/2016).

Saat ini Kemenpan-RB masih mengkaji aturan itu. "Ini sedang dilakukan revisi aturan itu sehingga nantinya TNI bisa alih tugas," kata dia.

Dusak belum tahu kapan pastinya revisi itu selesai. Tapi ia berharap revisi selesai secepatnya sebab Lapas kini membutuhkan tambahan anggota untuk penjagaan.

"Kalau saya yang punya kewenangannya bila perlu besok, besok. Masalahnya itu kan di tempat lain," ungkap Dusak.

Wacana ini kembali mencuat pascaterjadi kerusuhan di Lapas Banceuy, Bandung, Sabtu 23 April. Amukan napi dipicu meninggalnya Undang Kosim, 50, di sel khusus lapas itu. Mereka tak percaya kematian Undang karena gantung diri. Ketidakpercayaan ini berujung pada kemarahan yang membuat sebagian besar bangunan di lapas itu hancur terbakar.


(MBM)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA