MUI Siapkan Rp 4,5 Miliar untuk Rakyat Palestina

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 15 May 2018 16:49 WIB
palestina israel
MUI Siapkan Rp 4,5 Miliar untuk Rakyat Palestina
Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Masduki Baidlowi. Foto: Medcom.id/Adin.

Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk dan mengecam pemindahan Kedubes Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yarusalem. Sebagai bentuk nyata, MUI mengirimkan bantuan miliaran rupiah pada masyarakat Palestina.
 
"Kiai Ma'ruf sudah mengutus Ketua MUI Bidang Luar Negeri Kiai Muhidin Junaedi membawa dana Rp1,5 miliar ke Palestina untuk bantuan dari MUI. Nanti ada dana Rp3 miliar yang akan diserahkan lagi untuk kebutuhan mereka," kata Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi MUI Masduki Baidlowi di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Mei 2018.
 
Masduki mengatakan uang itu berasal dari masyarakat untuk membantu rakyat Palestina. Mereka kehilangan tempat tinggal setelah Yerusalem direbut Israel. MUI akan terus mengirimkan bantuan selama Palestina membutuhkan.

Baca: Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel Tindakan Biadab

Terkait pemindahan Kedubes AS, Masduki menyebut Amerika telah melukai hati masyarakat internasional, termasuk Indonesia.
 
"Karena eksistensi Israel saat ini sebagai penjajah. Dengan memindah kedubes, maka Amerika merestui penjajahan Israel," kata Masduki.
 
Pemindahan Kedubes AS mengundang protes masyarakat Palestina. Bentrokan terjadi saat warga Palestina melancarkan protes tersebut. Puluhan warga sipil Palestina dikabarkan meninggal ditembak tentara Israel. Sementara ribuan lainnya terluka.




(FZN)