Polisi Bakal Kedepankan Sikap Humanis Jaga Aksi 2 Desember

Arga sumantri    •    Selasa, 29 Nov 2016 04:52 WIB
unjuk rasa
Polisi Bakal Kedepankan Sikap Humanis Jaga Aksi 2 Desember
Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Unjuk rasa 2 Desember disepakati bakal berlangsung di Monas, Jakarta Pusat. Lokasi demonstrasi bertajuk Aksi Bela Islam jilid 3 itu bergeser dari rencana semula di Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan, Polri siap mengamankan jalannya aksi. Polri berjanji bakal mengedepankan sikap humanis dalam mengamankan aksi tersebut.

"Karena (aksi unjuk rasa) ini super damai, ini tetap kita jaga, tetap kita kawal jangan sampai anarkis. Persuasif humanis pengamanannya," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (28/11/2016).

Argo percaya, pedemo bakal tertib dalam menyampaikan aspirasinya. Apalagi, rencana aksi juga bakal diisi dengan doa, zikir dan salat Jumat bersama di lapangan Monas.

Namun demikian, Polri tetap menyiagakan pasukan. Patroli juga bakal dilakukan buat menjaga agar massa tak bergeser ke lokasi lain.

"Di beberapa tempat pasti kita amankan, kita tempatkan personel juga," ucap Argo.

Argo belum bisa merinci berapa personel kepolisian yang bakal diterjunkan saat unjuk rasa 2 Desember. Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu juga belum memegang data pasti estimasi demostran yang turun aksi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah memastikan kalau para pedemo sepakat unjuk rasa digelar di Monas, Jakarta Pusat. Tito menyambut baik kesepakatan itu.

Dia yakin tak akan ada pihak yang dirugikan dengan aksi demonstrasi 2 Desember. Sebab, aksi tidak akan menggangu ketertiban umum.

Polri, kata Tito, juga berjanji akan membantu pelaksanaan aksi tersebut. Keselamatan warga merupakan hal utama. 

"Kita atur parkirnya. Kami akomodir panggung zikir, mengatur tempat wudu, toilet, speaker. Kami berharap kegiatan ini tertib. Mendekatkan diri kepada Allah SWT," kata Tito.


(OGI)