Gerakan Indonesia Bersih Kemenko PMK di Area Kuliner Lenggang Jakarta, Resmi Dibuka

Anindya Legia Putri    •    Sabtu, 26 Nov 2016 20:01 WIB
menko pmk
Gerakan Indonesia Bersih Kemenko PMK di Area Kuliner Lenggang Jakarta, Resmi Dibuka
Sajian kuliner nusantara di Lenggang Jakarta Kawasan IRTI Monas, Jakarta, 26 dan 27 November 2016 (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Guna menanamkan nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di semua lini kehidupan bermasyarakat, Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI menyelenggarakan aksi nyata Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Lenggang Jakarta Kawasan IRTI Monas, dengan tema "Bersih, Enak, Sehat (BEST) Sajian Indonesia." Acara berlangsung pada 26 dan 27 November 2016.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas KUMKM dan Perdagangan, serta pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo yang turut melakukan demo masak dengan menu tempe bacem, dan soto ikan. Pembukaan acara ditandai dengan pertunjukan Tarian Betawi dari Dinas Pariwisata.

Selain pertunjukan kesenian, pihak panitia juga menyiapkan berbagai talkshow, games, sajian musik, dan juga berbagai hadia yang ditujukan bagi para pengunjung Lenggang Jakarta. Pantauan Metrotvnews.com di lokasi, ribuan pengunjung tampak memadati area Kuliner Lenggang Jakarta.

Disampaikan oleh Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka, kegiatan ini bertujuan agar seluruh pedagang kuliner Lenggang Jakarta yang merupakan binaan dari Dinas KUMKM dan Perdagangan DKI Jakarta dapat melaksanakan gerakan bersih dari mulai pemilihan bahan makanan hingga penyajian.


Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya, Kemenko PMK, Iwan Eka (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

"Kegiatan ini digagas karena kami di pemerintahan memiliki program Gerakan Nasional Revolusi Mental. Gerakan hidup baru untuk tingkatkan percaya diri, program unggulan Presiden Jokowi-Jk, yang terkait dengan pembangunan karakter dasar. Kami bekerja sama dengan Pemprov DKI, BPOM, Bank Indonesia, Asosiasi Chef Indonesia, Asosiasi Gastronomi Indonesia, mencoba melaksanakan aksi nyata dalam gerakan Indonesia bersih. Tujuannya ingin mengingatkan bahwa pedagang kaki lima (PKL) harus menyiapkan masakan bersih sehat, enak, dan tetap menjaga lingkungan," ucap Iwan, saat ditemui di Kawasan IRTI Monas, Jakarta, Sabtu (26/11/2016).

Sebelum acara ini terselenggara, Kemenko PMK pada 22 November, telah mengadakan pelatihan kepada lebih dari 1.000 PKL guna memberikan edukasi dalam hal penyajian makanan yang bersih, bebas formalin dan dengan kreativitas lainnya.

"Pelatihan ini juga berfungsi dalam menghadapi Asian Games 2018. Kita siapkan sajian nusantara yang bersih, aman, dan sehat bagi seluruh masyarakat dan tamu asing yang hadir," ucapnya.


Pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Pada hari kedua Gerakan Indonesia Bersih di area Kuliner Lenggang Jakarta, Minggu (27/11/2016), akan dilangsungkan senam bersama, serta kolaborasi masak dengan Sisca Soewitomo dan Kungfu Chef Muto.

Bagi Anda yang ingin menikmati sajian kuliner nusantara yang terjamin rasa serta kebersihannya, ayo ajak keluarga dan teman berkunjung ke Lenggang Jakarta Kawasan IRTI Monas, Jakarta, 26 dan 27 November 2016.


(ROS)