Formasi CPNS di Setneg, Setkab, dan UKP PIP

Nur Azizah    •    Rabu, 06 Sep 2017 11:49 WIB
pendaftaran cpnsseleksi cpns
Formasi CPNS di Setneg, Setkab, dan UKP PIP
Ilustrasi. Foto: Antara/Siswowidodo

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga instansi pemerintah di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, yaitu Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Sekretariat Kabinet (Setkab), dan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) ikut membuka lowongan. Ketiga instansi itu butuh 178 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Rinciannya antara lain 91 formasi untuk 30 jabatan di Kemensetneg; 74 formasi untuk 18 jabatan di Sekretariat Kabinet; dan 8 jabatan untuk 13 formasi CPNS di UKP PIP. Semua formasi tersedia untuk sejumlah kualifikasi pendidikan.

"Untuk Kemensetneg, formasi akan diisi pelamar dari mahasiswa cumlaude (9 alokasi), disabilitas (2 alokasi), putra/putri Papua dan Papua Barat (1 alokasi), dan umum (79 alokasi),” kata Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg Tahun 2017, Cecep Sutiawan, seperti dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet, 6 September 2017.

Sedangkan 74 formasi jabatan di Sekretariat Kabinet di antaranya akan diisi lulusan cumlaude (8 formasi), yakni analis hukum (2 alokasi); analis politik, hukum dan keamanan (2 alokasi); analis perekonomian (2 alokasi); analis kesejahteraan rakyat (1 formasi), dan analis kinerja (1 formasi).

Secara lengkap jabatan terdapat 18 formasi jabatan yang dibutuhkan di lingkungan Sekretariat Kabinet yakni, analis hukum (16 formasi); analis politik, hukum dan keamanan (4 formasi); analis perekonomian (8 formasi); analis kesejahteraan rakyat (4 formasi); penyusun rencana kegiatan dan anggaran (4 formasi); pengelola persidangan (2 formasi); analis kinerja (7 formasi); dan penerjemah ahli pertama ( 3 formasi).

Selanjutnya, pengelola naskah (3 formasi); analis humas dan protokol (1 formasi); analis hubungan antar lembaga (1 formasi); analis laporan keuangan (1 formasi); analis laporan akuntabilitas kinerja (1 formasi); pengelola barang milik negara (1 formasi); analis sistem informasi (1 formasi); analis sistem informasi dan jaringan (1 formasi); analis sumber daya manusia aparatur (2 formasi); dan analis dana dan informasi (14 formasi).

Dan Unit Kerja Presiden Pembinaan ldeologi Pancasila (UKP PIP) menyediakan 8 formasi jabatan dari berbagai kualifikasi pendidikan dengan total alokasi kebutuhan 13 orang. Khusus untuk formasi jabatan analis keuangan disediakan untuk satu lulusan cumlaude dari berbagai perguruan tinggi.

Baca: Kementerian PANRB Benarkan Lowongan CPNS yang Tersebar di Publik

Informasi resmi terkait persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai Selasa 5 September 2017 pukul 23.00 WIB di Situs Kementerian PANRB www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs kementerian/lembaga yang membuka formasi.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada 30 September 2017 di laman http://cpns.ristekdikti.go.id. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.

Jika lolos dari seleksi SKD, pelamar akan melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan 25-30 Oktober. Pengumuman final hasil seleksi dilakukan 1-8 November.




(UWA)