Jangan Pelit, Ini Manfaat Berbagi yang Perlu Anda Tahu

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 17 Jul 2017 07:00 WIB
bukuuntukindonesia
Jangan Pelit, Ini Manfaat Berbagi yang Perlu Anda Tahu
Berbagi dan beramal merupakan sebuah tindakan yang sangat mulia (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagi dan beramal merupakan sebuah tindakan yang sangat mulia. Namun, tak sedikit orang yang masih ragu memberikan donasi kepada mereka yang membutuhkan.

Beberapa orang menilai dirinya tidak perlu memberikan bantuan. Ada juga yang merasa dirinya belum berkecukupan, sehingga memenuhi kebutuhan diri sendiri menjadi prioritas utama. Bahkan, ada juga orang yang pelit dan tidak acuh terhadap lingkungan sekitar.

Padahal, berdonasi dan memberikan bantuan kepada orang lain bermanfaat terhadap kesehatan mental dan fisik. Apa saja manfaatnya?

1. Mengaktifkan Sinyal Penghargaan di Otak

Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang profesor Universitas Oregon dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa kegiatan amal menciptakan respons di otak meniru obat-obatan yang merangsang sel dalam tubuh. Respons ini memunculkan gelombang dopamin dan endorfin yang menimbulkan rasa bahagia dan penghargaan terhadap diri sendiri karena telah berbuat baik kepada sesama.

2. Meningkatkan Kepuasan Hidup

Sebuah studi di Jerman memberi banyak bukti bahwa orang-orang yang memberi lebih banyak kepada orang lain, akan mengalami kepuasan hidup yang lebih besar daripada orang-orang yang tidak memberi. Kenyataannya, komunitas orang yang gemar berbagi cenderung menunjukkan kepuasan yang lebih besar di dalam masyarakat dibandingkan kelompok orang yang tidak murah hati. Intinya, Anda akan lebih bahagia di komunitas Anda jika bersama orang-orang yang saling memberi.

3. Merasa Lebih Bahagia

Sama seperti pada poin sebelumnya, studi yang dilakukan oleh profesor di  University of Missouri – Columbia and the University of California – Riverside menunjukkan bahwa orang yang suka memberi cenderung memiliki perasaan lebih bahagia dan puas dibandingkan orang yang tidak memberi kepada orang lain.

4. Melindungi Komunitas Lokal

Organisasi masyarakat lokal cenderung merespons dengan lebih cepat dan lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal daripada organisasi yang lebih besar, dan lembaga ini memperoleh sebagian besar dana mereka dari sumbangan pribadi.

5. Meningkatkan Kesehatan

Seseorang yang menjadi relawan kemanusiaan mangalami peningkatan kesehatan seperti ketahanan fisik dibandingkan orang yang tidak menjadi relawan. Sebuah artikel di Consumer Reports menunjukkan bahwa orang dewasa yang gemar berbagi akan mengalami peningkatan fungsi kognitif, kecepatan berjalan, meningkatkan kemampuan menaiki tangga, dan tingkat menonton televisi yang menurun dibandingkan orang-orang yang tidak menjadi relawan.

6. Mengurangi Tingkat Stres

Periset di Johns Hopkins University dan University of Tennessee menemukan bahwa orang yang rutin membagikan makanan gratis sebagai bentuk kegiatan amal akan mengalami penurunan tingkat stres dan tekanan darah rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memberi.

7. Mengurangi Beban Pajak

Kontribusi amal dapat mengurangi beban pajak Anda di akhir tahun. Jika Anda menghitung pengembalian pajak Anda, Anda dapat melaporkan jumlah uang yang Anda sumbangkan untuk amal untuk pengurangan penghasilan kena pajak. Bahkan jika Anda kekurangan uang tunai, Anda dapat menyumbangkan barang-barang ke acara amal seperti pakaian, perabot, dan buku.

Melihat manfaat berbagi, alangkah mulia jika Anda mulai tergerak untuk berdonasi kepada mereka yang membutuhkan. Saat ini, ada gerakan #BukuUntukIndonesia yang menggalang donasi untuk menyediakan akses buku bagi anak-anak Indonesia di daerah pelosok. Mengapa buku? Sebab, dengan buku, anak-anak akan bertambah ilmu pengetahuan dan wawasannya. Akibat kekurangan buku, anak-anak tidak bisa mengenal dunia luar, sedikit memiliki wawasan, miskin kosakata dan imajinasi, serta minim daya kreativitas.

Anda dapat memulai langkah kecil kebaikan dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu saja Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.


(ROS)