Pengawasan JPO di Jalan Tol Diperketat

Faisal Abdalla    •    Selasa, 12 Jun 2018 14:36 WIB
kekerasan
Pengawasan JPO di Jalan Tol Diperketat
Polisi. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jakarta: Mabes Polri bekerja sama dengan PT Jasa Marga (persero) meningkatkan pengawasan terhadap jembatan penyebrangan orang (JPO) di jalan tol. Itu dilakukan menyusul pelemparan batu yang mengakibatkan seorang tewas Tol Jakarta-Cikampek. 

"Saya sudah konfirmasi ke sana bahwa Polda Metro Jaya sudah memperkuat pengamanan di masing-masing JPO dan sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga dengan memasang CCTV," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Juni 2018. 

Setyo memastikan polisi akan berusaha semaksimal mungkin menjalankan upaya preventif agar peristiwa serupa tak lagi terulang. "Ada yang patroli, ada yang memang jaga dalam pantauan kita," jelas dia. 

Menurut dia, pelaku pelempar batu di Pondok Gede telah ditangkap. Polisi masih mendalami motif pelaku melakukan aksi membahayakan tersebut. "Kalau yang Bekasi belum, masih dalam penyelidikan," kata dia. 

Insiden pelemparan batu pertama terjadi pada Selasa, 5 Juni 2018, pukul 04.13 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, tetapi mobil korban mengalami pecah di bagian kaca depan.

Beberapa menit kemudian, pukul 04.18 WIB, aksi pelemparan batu kembali terulang di lokasi yang sama. Sebongkah batu dilemparkan ke arah kaca depan pengguna jalan tol. Insiden kedua ini mememecahkan kaca depan dan mengenai pengemudi.

Baca: Keluarga Korban Pelemparan Batu Minta Pelaku Dihukum

Atas laporan tersebut, petugas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek segera meninjau lokasi pelemparan batu pukul 04.25 WIB. Petugas segera memberikan pertolongan. 

Korban segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Bekasi. Saat perjalanan menuju rumah sakit, korban masih bernapas. Namun, ketika sampai di rumah sakit, korban dinyatakan meninggal dunia.

Atas kejadian itu, petugas Kamtib Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek meringkus satu orang terduga pelaku. Dia ditangkap karena gerak-geriknya mencurigakan. 

Pelaku ditangkap di sekitar area JPO. Selanjutnya, terduga pelaku diserahkan ke Kantor PJR di Jatibening. Setelah itu, kejadian tersebut ditangani Polsek Pondok Gede.



(OGI)