Mayoritas Bangunan Pemerintah di Lombok Utara Ambruk

Dheri Agriesta    •    Rabu, 08 Aug 2018 12:10 WIB
Gempa Lombok
Mayoritas Bangunan Pemerintah di Lombok Utara Ambruk
RSUD Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara--Medcom.id/Dheri Agriesta.

Lombok Utara: Bupati Lombok Utara Najmul Ahyar mengatakan hampir 90 persen infrastuktur kesehatan pemerintahan Kabupaten Lombok Utara lumpuh akibat gempa. Pelayanan kesehatan terpaksa dilakukan di tenda darurat.

"Boleh kita katakan seluruhnya (ambruk), termasuk infrastruktur kesehatan, seluruhnya," kata Najmul di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Rabu, 8 Agustus 2018.

Salah satu pusat kesehatan yang terdampak sangat parah adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) Tanjung. Bangunan RSUD Tanjung terlihat porak poranda karena goncangan gempa berkekuatan 7,0 skala Richter itu.

Baca: Korban Meninggal Akibat Gempa Lombok 108 Orang

Pelayanan kesehatan dilakukan di lapangan depan RSUD Tanjung menggunakan tenda darurat. Setidaknya, ada enam tenda darurat yang disediakan petugas kesehatan dan relawan. Tenda ini terlihat dipenuhi masyarakat yang mengalami luka akibat gempa.

Tenda digunakan untuk merawat pasien dan penyimpanan alat kesehatan dan obat-obatan. Terdapat satu tenda yang digunakan sebagai ruang bersalin. "Jadi kita buat rumah sakit lapangan, puskesmas lapangan seperti itu," kata dia.

RSUD Tanjung merupakan salah satu rumah sakit yang jadi rujukan puskesmas di beberapa desa di Kabupaten Lombok Utara. Pasien yang tak bisa ditangani di puskesmas desa akan dirujuk ke RSUD ini.

Tapi, pelayanan di RSUD Tanjung pun terbatas. RUSD Tanjung akan merujuk pasien yang mengalami luka berat, seperti patah tulang terbuka.

Tak hanya pusat pelayanan kesehatan, gedung pemerintah lain pun ambruk karena gempa. Najmul mengatakan hampir seluruh bangunan pemerintahan yang tak bisa digunakan lagi.

"Kantor-kantor habis semua, gedung sekolah banyak rusak, pesantren juga, sebagian besarlah," jelas dia.


(YDH)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

22 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA