Batik PGRI dan Hormat Jokowi pada Guru

Yogi Bayu Aji    •    Minggu, 27 Nov 2016 14:01 WIB
hari guru nasional
Batik PGRI dan Hormat Jokowi pada Guru
Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan hari guru nasional dan hari ulang tahun ke-71 PGRI -- MTVN/Yogi Bayu Aji

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan hari guru nasional (HGN) dan hari ulang tahun ke-71 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Jokowi tampil dengan pakaian berbeda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan seragam batik PGRI. Dengan balutan warna hitam dan putih, Jokowi disambut meriah ribuan guru yang ada di Sentul International Convention Center (SICC).

Jokowi pun membuka amanatnya dengan menyampaikan selamat hari guru nasional dan HUT ke-71 PGRI. Ucapan itu, khususnya, dia sampaikan kepada guru di pelosok dan daerah perbatasan.

Dia menilai, guru punya peranan penting bagi kehidupan tiap insan. Tanpa para pendidik, seseorang tak bisa menjadi apa-apa.

"Karena yang bisa menjadikan jenderal, menteri, saya sendiri bisa berdiri di sini jadi presiden adalah bapak-ibu guru," kata Jokowi di SICC, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 1, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/11/2016).

Para guru riuh mendengarkan ucapan Jokowi. Kemudian, Presiden memberikan hormat kepada para guru yang hadir dengan membungkukan badan.

"Saya ingin beri penghormatan bapak ibu guru. Tanpa itu, saya tidak bisa berdiri di sini," ucap dia.

Jokowi pun meminta para guru bisa menyuntikan semangat Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada anak didiknya. Tak lupa, dia berharap guru bisa memgajarkan etika dan sopan santun kepada generasi penerus.

Dia yakin, guru mampu menjalankan tugas beratnya. Dia pun menitipkan pendidikan pada penerus bangsa kepada guru-guru.

"Saya percaya, satu orang hebat bisa keluarkan ribuan karya hebat. Tapi, satu guru hebat lahirkan ribuan orang hebat," pungkas dia.


(NIN)