Koordinasi Kementerian/Lembaga Dianggap Lemah Atasi Permasalahan TKA

Anggitondi Martaon    •    Jumat, 14 Oct 2016 19:32 WIB
berita dpr
Koordinasi Kementerian/Lembaga Dianggap Lemah Atasi Permasalahan TKA
(Foto:Antara/R Rekotomo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panja Tenaga Kerja Asing (TKA) telah melakukan RDP (rapat dengar pendapat) dengan berbagai pihak. Hal itu dilakukan untuk melihat persoalan dan mencari jalan keluar mengatasi serangan TKA di Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani mengatakan, dari berbagai RDP dengan instasi terkait, terlihat koordinasi menjadi masalah utama ketidakmampuan mengendalikan TKA.

"Koordinasi yang lemah, karena masing-masing masih berjalan sendiri," kata Irma, di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Politikus NasDem itu menjelaskan, lemahnya koordinasi di beberapa instansi disebabkan beberapa hal. Pertama, ego sektoral. Kedua, masih minimnya kesadaran setiap lembaga untuk menyelesaikan permasalahan TKA secara komprehensif, sehingga banyak instasi yang bersentuhan langsung dengan TKA berjalan sendiri tanpa ada koordinasi dengan lembaga lainnya.

?Padahal, sebut Irma, seluruh kementerian/lembaga terkait seperti Imigrasi, Pariwisata, Ketenagakerjaan dan lainnya harus bahu membahu menyelesaikan permasalahan ini?. Dengan begitu, dapat ditemukan solusi terbaik untuk mengendalikan TKA di Indonesia.

"Jadi, semua persoalan solusinya harus dilakukan secara komprehensif. Kalau sendiri-sendiri, enggak bakalan selesai," kata Irma.


(ROS)