Ada Ancaman Serius, Indonesia Diyakini Aman

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 29 Nov 2016 08:16 WIB
unjuk rasa
Ada Ancaman Serius, Indonesia Diyakini Aman
Menkopolhukam Wiranto. Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia diyakini tetap aman. Meskipun, ancaman selalu ada dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Ancaman bukan hanya invasi dari luar negeri yang itu barangkali sangat tipis kemungkinannya," kata Menkopolhukam Wiranto dalam program Primetime News, Metro TV, Senin (28/11/2016).

Wiranto membeberkan ancaman yang perlu diwaspadai adalah proxy war dan perang asimetris. Dia mencontohkan seperti illegal fishing, illegal logging, human trafficking, narkoba dan aksi radikal lainnya.

Salah satu contoh lain adalah makar. Wiranto mengatakan pihaknya tidak perlu membeberkan lebih lanjut kepada publik terkait strategi menghadapi itu.

Wiranto menegaskan, aparat keamanan pasti sudah waspada. Kewaspadaan itu dengan mempelajari anatomi ancaman tersebut dan melakukan langkah yang optimal meredam ancaman. 

"Oleh karena itu, percaya saja kepada aparat keamanan," ujar dia.

Sebelumnya, Wiranto memastikan Indonesia masih dalam keadaan aman. Hal ini termasuk menyusul adanya unjuk rasa pada 4 November lalu dan aksi lanjutan pada 2 Desember mendatang. 

Keamanan nasional itu dapat terus dipelihara dengan membudayakan silaturahmi sesama anak bangsa tanpa henti. Silaturahmi itu utamanya bertujuan agar ada satu pemahaman yang sama.


(OGI)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

50 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA