Riset: Facebook Saluran Terbesar Penyebar Hoaks

   •    Kamis, 13 Sep 2018 17:36 WIB
media sosialhoax
Riset: Facebook Saluran Terbesar Penyebar Hoaks
Ilustrasi. (Foto: AFP/Norberto Duarte)

Jakarta: Dailysocial.id membuat riset terkait penyebaran hoaks di media sosial yang belakangan ini marak terjadi. Hasilnya, Facebook menjadi saluran terbesar penyebaran hoaks.

"Persentasenya 82,25 persen sementara di platform lain seperti Whatsapp dan Instagram masing-masing 56,55 dan 29,48 persen," ujar Chief Editorial and Research Dailysocial.id Amir Karimuddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 13 September 2018.

Riset yang dilakukan Dailysocial.id bekerja sama dengan Jakpat Mobile Survey Platform melibatkan 2.032 responden pengguna smartphone di seluruh Indonesia. Riset mencoba mendalami bagaimana penyebaran hoaks di platform digital dan respons penggunanya.

Faktanya, mayoritas responden memilih berdiam diri saat menerima informasi yang diduga hoaks. Penyebabnya, pengguna media sosial merasa tak yakin memiliki kemampuan untuk mendeteksi informasi hoaks.

"Sebagian besar responden selalu membaca seluruh informasi dan membagikan informasi yang dianggap penting (terlepas hoaks atau tidak) tapi hanya setengahnya yang melakukan verifikasi keakuratan informasi (fact check)," jelas dia.




(MEL)