Jokowi Menghadiri KTT ASEAN di Singapura

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 27 Apr 2018 15:55 WIB
ktt asean
Jokowi Menghadiri KTT ASEAN di Singapura
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat peresmian keramba jaring apung di Pelabuhan Cikidang, Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Antara/Adeng Bustomi.

Jakarta: Presiden Joko Widodo bertolak menuju Singapura. Dia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32 ASEAN.

Tepat pukul 13.50 WIB, Jumat, 27 April 2017, Kepala Negara beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Mereka berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Rombongan Presiden terdiri dari beberapa pejabat. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Singapura. Dia mempersiapkan kedatangan Presiden sekaligus menghadiri pertemuan tingkat menteri dalam rangka KTT ASEAN. 

Di Singapura, Jokowi bersama para kepala negara ASEAN akan membahas berbagai kerja sama. Isu yang berkembang di kawasan hingga internasional juga dibicarakan.

Baca: ASEAN Bahas Pertemuan Korsel-Korut

Salah satu tema diskusi terkait pengembangan smart city dengan fokus pada infrastruktur, pembangunan manusia, dan keamanan siber. Para pemimpin ASEAN juga berupaya memajukan konsep kerja sama Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan inklusif.

Presiden Jokowi juga akan menghadiri KTT ke-11 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). KTT ini digelar untuk mendorong kesejahteraan rakyat ketiga negara beserta kawasan. 

Selain itu, Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar Win Myint dan Perdana Menteri Vietnam Nguy?n Xuân Phúc. Acara dijadwalkan berlangsung di sela-sela kegiatan KTT ASEAN. 

Presiden beserta rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada Sabtu, 28 April 2018. Presiden berharap KTT ASEAN yang mengambil tema "Resilient and Innovative ASEAN" ini akan menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.


(OGI)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA