Bus Pariwisata Disiapkan untuk Antisipasi Lonjakan Penumpang

Fachri Audhia Hafiez    •    Sabtu, 09 Jun 2018 14:56 WIB
Mudik Lebaran 2018
Bus Pariwisata Disiapkan untuk Antisipasi Lonjakan Penumpang
Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur akan memaksimalkan pelayanan mudik 2018. Jika terjadi lonjakan pemudik, pihak terminal akan menyediakan bus pariwisata.

"Kami juga dapat bantuan bus-bus pariwisata, jumlahnya kita akan lihat kebutuhan dari masyarakat pada rute tujuannya," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emiral August Dwinanto di lokasi, Sabtu, 9 Juni 2018.

Emiral mengaku sudah berkoordinasi dengan para pengurus dan perwakilan Perusahaan Otobus (PO) untuk bersedia mengeluarkan bus cadangan yang dimiliki perusahaan. Namun, sebelum difungsikan untuk perjalanan mudik, bus-bus cadangan tersebut harus melewati uji kelaikan kendaraan (ramp check).

"Kami juga akan melakukan ramp check ke bus, apakah layak atau tidak. Begitu juga dengan pengemudinya kami cek kesehatannya. Kalau enggak laik, ya enggak boleh jalan," ujar Emiral.

Emiral mengaku, hari ini belum ada lonjakan penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Pihaknya memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-5 sampai H-3 lebaran.

"Untuk armada masih cukup, hari biasanya kami melayani 400 sampai 450 kendaraan yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan," pungkas Emiral.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Andri Yansyah menyebut telah menyediakan bus tambahan untuk wilayah DKI Jakarta.

"Secara umum ada 2.370 bus untuk seluruh wilayah Ibu Kota. Tapi kita juga siapkan bus bantuan sebanyak 175 bus apabila ada lonjakan. Bus bantuan pariwisata, yang berjumlah 410, jadi jumlah keseluruhan bus 2.955," terang Andri di Kawasan Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Minggu, 3 Juni 2018.




(REN)