Pariwisata Kelautan Nasional Harus Bersih dan Aman

Ilham wibowo    •    Sabtu, 14 Apr 2018 06:03 WIB
pariwisatampr
Pariwisata Kelautan Nasional Harus Bersih dan Aman
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyebut ketertarikan wisatawan terhadap laut di Indonesia masih perlu diimbangi dengan kesiapan pemanfaatan infrastruktur. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara kepulauan dengan potensi yang luar biasa.

"Tidak ada yang membantah Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan potensi laut yang luar biasa," ujarnya dalam diskusi 'Menggali Potensi Kelautan Nasional' di Manado, Sulawesi Utara, Jumat, 13 April 2018. 

Pemanfaatan kekayaan alam sebagai objek wisata dinilai belum dirasakan secara merata di lokasi dengan keindahan alam yang sama baik. Menurut Muzani, pemerintah mesti fokus agar kesalahan yang terjadi tak kembali terulang. 

"Imigrasinya tidak siap, akomodasi tidak siap selalu begitu. Investasi diundang tapi perizinan tidak siap, problem yang berputar-putar dalam pembangunan negara, MPR mendorong persoalan ini selesai," ungkapnya. 

Muzani mengatakan, industri pariwisata laut merupakan sektor yang sensitif. Salah sedikit saja, kata dia, bisa membuat wisatawan kapok untuk kembali menyebarkan informasi positif.

Menurut dia, pemerintah daerah maupun pusat perlu bersinergi agar potensi pariwisata tetap mendapat jaminan  aman untuk dikunjungi. Kemudian lokasi wisata pun perlu dipastikan kebersihannya. 

"Kalau jorok tempat wisata jadi bahan omongan dan turis tidak akan datang lagi. Kemjdian kuliner, di negara manapun pasti akan diuber," ungkap Politikus Gerindra ini.


(JMS)